Saat berpuasa, tubuh tidak menerima asupan makanan selama hampir 14 jam. Satu-satunya sumber nutrisi yang kita butuhkan hanya diperoleh dari santap sahur, sebelum bisa mengisinya kembali saat berbuka. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk memerhatikan pola serta kandungan gizi, terutama pada menu makan sahur yang kita konsumsi.

Berikut beberapa tips puasa sehat dan bersemangat yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas ibadah selama ramadan.

  • Mengurangi Sumber Karbohidrat dan Menggantinya dengan Makan Lebih Banyak Protein

Karbohidrat kerap dianggap sebagai penghasil sumber energi terbesar tubuh. Padahal, makan dengan porsi nasi yang banyak tidak menjamin kita akan merasa kenyang lebih lama.

Sebaliknya, kita disarankan untuk mengurangi porsi karbohidrat dan menggantinya dengan mengonsumsi lebih banyak protein sebagai penghasil sumber tenaga.

Dibanding kandungan karbohidrat pada nasi putih, protein rupanya mampu memberi efek kenyang lebih lama sehingga tubuh tidak merasa cepat lelah. Protein bisa kita dapat dengan cara mengkonsumsi ikan, daging, ayam, atau telur.

Sebagai tambahan, Anda direkomendasikan pula untuk mulai mengganti nasi putih yang biasa kita makan dengan sumber karbohidrat lain yang lebih kompleks. Misal, nasi merah, kentang, ubi, jagung, sereal, atau roti gandum.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh dengan Konsumsi Buah dan Sayur

Saat berpuasa kita banyak kehilangan cairan tubuh, waktu minum pun terbatas diantara waktu berbuka dan sahur. Lalu bagaimana cara kita melengkapi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa?

Minum 8 gelas air putih per hari bukan satu-satunya cara agar kebutuhan cairan tubuh dapat terpenuhi. Kita dapat  mencukupi asupan cairan tubuh dengan cara banyak mengonsumsi buah dan sayur saat sahur atau berbuka.

Menu masakan seperti sup ayam, sayur asem, sayur bayam, dan sejenisnya yang mengandung kuah. Buah dengan kandungan air tinggi, seperti melon dan semangka, serta susu yang kita konsumsi, dapat pula membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Selain itu, kandungan dalam sayur dan buah juga baik untuk tubuh terutama dalam membantu proses pencernaan makanan.

  • Mengkonsumsi Suplemen Multivitamin Jika Perlu

Konsumi sayur dan buah yang cukup sebenarnya sudah membantu kita memenuhi kebutuhan vitamin harian.

Tapi, tidak ada salahnya juga untuk mengonsumi suplemen multivitamin saat berpuasa terutama jika kita merasa kurang fit. Jika Anda merasa mudah  lelah, pusing, susah fokus, atau bahkan mengidap anemia, kemungkinan Anda memang butuh suplemen tambahan.

Namun ingat, jika masih ragu, Anda bisa datang ke MedicElle Clinic untuk berkonsultasi langsung dengan dokter mengenai vitamin yang cocok, atau meminta nasihat seputar kesehatan lainnya.

Inilah beberapa tips puasa sehat dan bersemangat dari MedicElle Clinic. Semoga dapat membantu meningkatkan kualitas puasa kita di bulan Ramadan ini.

 

Ditinjau oleh : dr. Puspita Dyah Ardyani Isnanto Putri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *