Pertumbuhan anak merupakan salah satu fase penting yang membutuhkan perhatian khusus dari orang tua, terutama dalam aspek nutrisi. Salah satu mineral penting yang sangat berperan dalam perkembangan anak adalah kalsium. Kalsium tidak hanya penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat, tetapi juga untuk fungsi otot, saraf, dan beberapa proses biologis lainnya. Namun, pertanyaannya adalah, apakah anak memerlukan asupan kalsium tambahan?

Perlukah Asupan Kalsium Tambahan untuk Anak?

Kebutuhan akan asupan kalsium tambahan bergantung pada berbagai faktor termasuk usia, asupan nutrisi harian dan kondisi kesehatan anak. Jika anak mendapatkan kalsium yang cukup dari makanan sehari-hari, suplemen mungkin tidak diperlukan. Namun, dalam beberapa kasus, suplemen tambahan menjadi penting untuk memastikan kebutuhan kalsium terpenuhi.

Kebutuhan Kalsium untuk Anak

Kebutuhan kalsium berbeda-beda tergantung pada usia anak:

  • Bayi hingga usia 1 tahun membutuhkan sekitar 200-260 mg per hari.
  • Usia 1-3 tahun memerlukan sekitar 700 mg per hari.
  • Usia 4-8 tahun kebutuhan meningkat menjadi sekitar 1000 mg per hari.
  • Usia 9-18 tahun, membutuhkan sekitar 1300 mg per hari, mengingat periode pertumbuhan yang pesat.

Sayur dan Ikan

Sumber Kalsium Alami

Sumber kalsium alami yang baik antara lain susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt. Selain itu, kalsium juga bisa ditemukan pada ikan-ikanan yang dimakan dengan tulangnya, seperti sarden, serta pada sayuran hijau seperti brokoli dan kale. Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond dan biji chia, juga merupakan sumber kalsium yang baik.

Tanda-tanda Kekurangan Kalsium pada Anak

Kekurangan kalsium pada anak dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka secara signifikan. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala yang mungkin menunjukkan kekurangan kalsium pada anak:

1. Pertumbuhan Terhambat

Anak yang kekurangan kalsium dapat mengalami pertumbuhan yang lebih lambat dan tidak mencapai potensi tinggi badan maksimal mereka.

2. Masalah Tulang dan Gigi

Kalsium berperan penting untuk pembentukan tulang dan gigi yang kuat. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh (osteopenia) dan meningkatkan risiko patah tulang. Anak-anak dengan asupan kalsium yang tidak memadai juga mungkin mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi dan masalah kesehatan gigi lainnya.

3. Kejang Otot dan Kram

Kalsium memainkan peran kunci dalam kontraksi otot. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan kejang otot atau kram otot, terutama di kaki dan di malam hari.

4. Kesulitan Tidur

Anak yang kekurangan kalsium mungkin mengalami kesulitan tidur atau tidur yang terganggu. Kalsium membantu memproduksi melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur.

5. Kulit Kering dan Kuku Rapuh

Meskipun kurang umum, kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan kuku menjadi rapuh atau mudah patah.

6. Karies Gigi

Kalsium sangat penting untuk menjaga gigi tetap sehat. Kekurangan kalsium dapat meningkatkan risiko anak mengalami karies gigi.

7. Sakit dan Nyeri pada Tulang dan Sendi

Anak-anak yang kekurangan kalsium mungkin mengeluh tentang nyeri atau sakit pada tulang dan sendi, terutama di punggung dan kaki.

8. Iritabilitas dan Perubahan Mood

Kalsium mempengaruhi neurotransmitter di otak yang berperan dalam mengatur mood. Kekurangan kalsium bisa membuat anak menjadi lebih mudah tersinggung atau mengalami perubahan mood.

Kapan Diperlukan Suplemen Kalsium

Suplemen kalsium mungkin diperlukan jika anak tidak dapat memenuhi kebutuhan kalsium dengan alami melalui makanan karena memiliki alergi terhadap produk makanan atau juga adanya kondisi medis tertentu yang mempengaruhi penyerapan kalsium. 

Konsultasi dengan dokter anak

Konsultasi dengan Profesional Kesehatan

Sebelum memutuskan untuk memberikan suplemen kalsium kepada anak, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Profesional kesehatan dapat menilai kebutuhan individu berdasarkan diet, riwayat kesehatan, dan kebutuhan nutrisi anak, serta memberikan rekomendasi dosis yang tepat.

Kesimpulan

Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Sementara kebanyakan anak dapat memenuhi kebutuhan kalsium mereka melalui makanan seimbang dengan sumber alami, dalam kondisi tertentu, asupan tambahan mungkin diperlukan. Penting bagi orang tua untuk memonitor asupan kalsium anak dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuh dan berkembang secara optimal.

Rekomendasi Klinik untuk Konsultasi Seputar Kesehatan Anak

Setelah memahami pentingnya pertimbangan asupan kalsium tambahan untuk anak, jangan biarkan keraguan menghambat kesehatan dan tumbuh kembang buah hati Anda. Dapatkan jawaban pasti dan solusi terbaik dengan segera berkonsultasi kepada dokter spesialis anak di MedicElle Clinic. Jangan tunda, demi masa depan cerah si kecil.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis anak di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

WhatsApp Icon