Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang sangat mempengaruhi wanita di seluruh dunia. Faktor genetik yang berperan penting dalam resiko seseorang terkena kanker payudara. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kanker payudara yang diturunkan.

Kanker payudara yang diturunkan atau disebut juga kanker payudara herediter, adalah kanker payudara yang disebabkan oleh mutasi genetik yang diwariskan dari orang tua ke anak. Mutasi ini terjadi pada salah satu dari dua gen BRCA (Breast Cancer Susceptibility Genes), yaitu BRCA1 atau BRCA2. Kedua gen ini bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan DNA dalam sel, tetapi jika terjadi mutasi, risiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium dapat meningkat secara signifikan.

Waspada Kanker Payudara

Berbagai studi telah dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker payudara. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor hormonal dan genetik berhubungan dengan kanker payudara. Oleh karena itu, ada benarnya jika dikatakan bahwa kanker payudara terkait dengan faktor keturunan. Anda perlu lebih berhati-hati jika:

  1. Ada tiga orang atau lebih dari keluarga sedarah (saudara perempuan ibu atau bibi) yang menderita kanker payudara dan ovarium.
  2. Ada dua atau lebih dari keluarga sedarah yang menderita kanker payudara atau ovarium pada usia di bawah 40 tahun.
  3. Ada kanker bilateral dalam keluarga.

Selain faktor risiko keturunan, ada juga faktor risiko non-keturunan yang harus diperhatikan, seperti:

  1. Mengalami menstruasi pertama pada usia muda (di bawah 12 tahun).
  2. Melahirkan anak pertama pada usia tua (lebih dari 35 tahun).
  3. Mengalami menopause pada usia tua (lebih dari 50 tahun).
  4. Menggunakan kontrasepsi oral dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 7 tahun).
  5. Mengalami masalah ketidaksuburan.
  6. Tidak menyusui.

Jadi, penting bagi setiap wanita untuk mengenali faktor risiko kanker payudara dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat. Ini termasuk menjalani pemeriksaan payudara rutin dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki riwayat keluarga atau faktor risiko lainnya. Dengan perawatan yang tepat dan pengobatan yang tepat waktu, kanker payudara dapat dideteksi dan diobati dengan sebaik-baiknya.

Cara Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang paling sering ditemukan pada wanita. Namun, banyak studi menunjukkan bahwa pola makan sehat dan seimbang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara. Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat membantu mengurangi resiko kanker payudara:

  • Alpukat

Buah ini kaya akan lemak sehat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin E, vitamin C, dan serat. Kandungan fitokimia dalam alpukat juga diketahui dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan mengurangi risiko terkena kanker payudara.

  • Brokoli, Kol, dan Kembang Kol

Sayuran cruciferous seperti brokoli, kol, dan kembang kol mengandung senyawa sulforaphane dan indole-3-carbinol yang telah terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

  • Cabai

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang diketahui dapat membantu mencegah kanker payudara dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Bawang putih juga diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol tinggi.

  • Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kerusakan sel. Vitamin C juga diketahui dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Kesimpulan

Kanker payudara dapat diturunkan melalui faktor genetik keturunan. Oleh karena itu, orang yang memiliki riwayat keluarga dengan kanker payudara atau ovarium harus lebih waspada dan memeriksakan diri secara rutin.

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang merupakan cara yang tepat untuk mencegah kanker payudara. Namun, penting juga untuk menjalani gaya hidup sehat secara keseluruhan dengan melakukan olahraga teratur, menghindari rokok dan alkohol, serta menjalani pemeriksaan payudara secara teratur. 

Dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, kita dapat membantu mencegah terjadinya kanker payudara dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apakah Anda sedang Mencari Klinik Spesialis Bedah dan Payudara ?

Jika mulai terjadi gejala – gejala segera kunjungi klinik MedicElle, klinik kesehatan wanita yang memiliki kualitas terpercaya dalam memperhatikan pasiennya. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kanker payudara dan mendapatkan pelayanan terbaik untuk aset anda. Mari cintai, dan rawat aset! Kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi?.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis kanker payudara di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon