Onkologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang fokus pada pengobatan dan penanganan penyakit kanker. Dokter yang mempelajari ilmu kedokteran onkologi disebut Dokter Onkolog.

Apabila seseorang mengalami gejala yang mengarah pada kanker, seperti adanya benjolan, penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat tanpa alasan yang jelas, sering mimisan tanpa sebab yang jelas, dan sebagainya, maka harus segera periksakan diri ke Spesialis Onkologi di rumah sakit terdekat.

Dengan mengunjungi spesialis yang tepat, pasien dapat memperoleh penanganan yang lebih cepat dan tepat. Namun, kita perlu mengenal lebih dalam tentang onkologi, kondisi medis yang dapat ditangani, serta tindakan yang dapat dilakukan dalam menangani kanker.

Definisi Onkologi

Onkologi adalah cabang ilmu kedokteran yang mempelajari tentang kanker atau tumor ganas, baik dari segi penyebab, patogenesis, diagnosis, pengobatan, serta pencegahan. Onkologi juga meliputi penelitian tentang sifat biologis dan genetik dari sel kanker, cara penyebarannya, serta interaksi dengan sistem kekebalan tubuh. 

Onkologi mencakup berbagai spesialisasi, seperti Hematologi-Onkologi, Radiasi-Onkologi, dan Bedah-Onkologi, yang masing-masing menangani aspek pengobatan kanker dengan metode yang berbeda namun saling melengkapi.

Jenis-Jenis Onkologi yang Perlu Diketahui

Ilmu onkologi terdiri dari beberapa bagian atau sub-spesialis, di antaranya adalah onkologi medis, onkologi bedah, dan onkologi radiasi. Perbedaan antara ketiga bagian ini terletak pada tugas yang mereka jalankan.

  • Onkologi Bedah

Onkologi bedah adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan penanganan penyakit kanker. Bidang ini memfokuskan pada proses pembedahan atau operasi untuk mengatasi penyakit kanker.

Beberapa metode medis yang dapat dilakukan oleh Dokter Onkologi bedah adalah dengan melakukan biopsi untuk mengambil sebagian kecil jaringan agar dapat diperiksa apakah terdapat sel kanker atau tidak. Jika ditemukan sel kanker, maka Dokter Spesialis Onkologi bedah akan melakukan pengangkatan tumor dan jaringan di sekitarnya. Dokter Bedah juga akan membantu pasien dalam persiapan dan pemulihan setelah menjalani prosedur bedah selama perawatan kanker.

  • Onkologi Radiasi

Onkologi radiasi adalah suatu metode penanganan penyakit kanker yang menggunakan terapi radiasi. Terapi ini melibatkan penggunaan sinar ionisasi untuk menghancurkan sel kanker dan mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal. Radiasi dapat diberikan secara eksternal, di mana sinar radiasi diarahkan ke area yang terkena kanker dari luar tubuh, atau melalui implantasi internal, di mana sumber radiasi ditempatkan di dalam atau di sekitar area yang terkena kanker.

  • Onkologi Medis

Onkologi medis merupakan cabang ilmu kedokteran yang lebih berfokus pada pengobatan dan perawatan pasien yang menderita penyakit kanker. Jenis pengobatan yang dilakukan meliputi kemoterapi, terapi target, terapi hormon, dan imunoterapi.

  • Onkologi Lainnya

Selain ketiga bagian yang telah disebutkan, terdapat juga cabang ilmu onkologi anak yang memfokuskan pada pengobatan kanker pada anak-anak. Di samping itu, terdapat juga onkologi ginekologi yang memfokuskan pada pengobatan kanker pada sistem reproduksi wanita, seperti vagina, rahim, serviks, dan ovarium. Yang terakhir adalah onkologi hematologi, yang memfokuskan pada pengobatan kanker yang menyerang sel-sel darah, seperti leukimia, limfoma, dan mieloma.

Peran Penting Ahli Onkologi

Apa saja tugas yang biasa dilakukan oleh Ahli Onkologi? Tugas mereka meliputi membantu mendiagnosis penyakit kanker, mengobati penyakit kanker, dan melakukan upaya pencegahan. 

Berikut adalah penjelasan lengkap dari setiap tugas dokter atau Ahli Spesialis Onkologi:

  • Deteksi Dini Tingkat Stadium Kanker

Tugas Dokter Onkologi meliputi mendiagnosis jenis kanker yang dialami oleh pasien. Untuk melakukan ini, mereka akan melakukan serangkaian tes medis dan evaluasi terhadap pasien. Hasil dari tes dan evaluasi ini akan membantu dokter menentukan jenis kanker dan tingkat keparahannya. 

  • Pengobatan Tepat untuk Pasien

Setelah menentukan jenis kanker, Dokter Spesialis Onkologi akan merancang rencana pengobatan yang terbaik untuk pasien. Terapi kanker dapat mencakup operasi, kemoterapi, radiasi, imunoterapi, atau kombinasi dari beberapa jenis pengobatan. Tujuan utama dari pengobatan kanker adalah untuk menghilangkan sel kanker dan mencegah penyebarannya ke bagian tubuh lainnya. 

  • Memeriksa Pemulihan Pasien

Dokter Spesialis Onkologi juga bertugas melakukan upaya pencegahan kanker. Ini meliputi melakukan pemeriksaan rutin dan evaluasi risiko kanker pada pasien. Mereka juga memberikan saran tentang cara hidup sehat dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker. Misalnya, Ahli Onkologi dapat memberikan rekomendasi tentang pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur untuk mengurangi risiko kanker.

Dalam menjalankan tugasnya, Dokter Spesialis Onkologi akan bekerja sama dengan tim medis lainnya, termasuk Perawat Onkologi, Ahli Radiologi, Ahli Bedah Onkologi, Ahli Patologi, dan ahli lainnya. Kolaborasi tim medis yang baik sangat penting untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien yang menderita kanker.

Kesimpulan

Kanker menjadi bahaya bagi siapa pun, mulai dari anak-anak sampai lansia, terlebih lagi jika ada riwayat keluarga yang mengalami kanker. Dengan demikian, mengetahui apa yang dimaksud dengan onkologi dan turunannya cukup penting ketika ada keluarga atau kerabat yang terkena kanker.

Apakah Anda sedang Mencari Klinik Spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi Onkologi ?

Fasilitas medis di MedicElle Clinic ini merupakan pelayanan terpadu untuk kasus-kasus onkologi dan hematologi. Dengan tim dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi medik yang telah berpengalaman puluhan tahun dalam menangani kasus-kasus medis yang paling menantang dan kompleks. Segera buat appointment dengan dokter terbaik kami.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi Onkologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon