Skip to content

GEJALA KANKER PAYUDARA DAN JENIS KANKER PAYUDARA

Seperti telah kita bahas pada postingan sebelumnya tentang Kanker Payudara , sekarang kita akan membahas tentang Gejala yang biasa dijumpai pada penderita kanker payudara.

Pada tahap awal Kanker payudara seringkali sulit terdeteksi karena ukurannya yang kecil. Benjolan akan baru dapat teraba jika ukurannya cukup besar. Meski demikian, tidak semua benjolan di payudara berarti kanker.

Berikut ini adalah gejala yang seringkali ditemui pada penderita Kanker Payudara :

1. Merasakan Benjolan pada payudara

2. Benjolan membesar dengan waktu yang relatif cepat.

3. Nipple discharge (keluarnya cairan melalui puting susu baik cairan kekuningan ataupun berupa darah saat sedang tidak menyusui)

4. Retraksi puting susu (puting tampak tertarik kedalam payudara)

5. Adanya luka pada payudara yang tidak cepat sembuh

6. Kelainan kulit pada payudara berupa perubahan bentuk dan warna kulit payudara

7. Ditemukannya benjolan pada ketiak

Jenis Kanker payudara

Kanker payudara yang paling umum terjadi, terbagi dalam beberapa jenis.

  • Ductal carcinoma in situ. Kanker ini tumbuh di ductus (saluran air susu), dan tidak menyebar ke jaringan sekitarnya. Jenis kanker ini termasuk kanker stadium awal dan mudah diobati. Namun demikian, kanker ini bisa menyebar ke jaringan sekitarnya jika tidak segera ditangani.
  • Lobular carcinoma in situ. Adalah kanker yang tumbuh di lobules (kelenjar yang menghasilkan air susu). Sama seperti ductal carcinoma in situ, kanker ini tidak menyebar ke jaringan sekitarnya.
  • Invasive ductal carcinoma. Kanker ini tumbuh di duktus (saluran air susu) dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya, bahkan bisa menyebar ke area tubuh yang lain. Jenis kanker ini terjadi pada 70-80% kasus kanker payudara.
  • Invasive lobular carcinoma. Adalah kanker yang tumbuh di lobulus (kelenjar yang menghasilkan air susu) dan bisa menyebar ke jaringan sekitarnya. Kanker ini terjadi pada 10% kasus kanker payudara.

Sedangkan jenis kanker payudara yang jarang terjadi adalah

  • Angiosarcoma Adalah jenis kanker yang tumbuh di pembuluh darah dan saluran getah bening di payudara.
  • Penyakit Paget. Penyakit Paget merupakan kanker yang tumbuh di puting payudara, lalu meluas ke area hitam di sekitar puting (areola).
  • Tumor phyllodes. Jenis kanker yang jarang ini tumbuh di jaringan ikat payudara yang disebut stroma.
  • Inflammatory breast cancer. Adalah jenis kanker payudara yang jarang, namun berkembang cepat dan menyumbat saluran getah bening, sehingga membuat payudara tampak meradang seperti infeksi.
  • Triple negative breast cancer. Adalah jenis kanker yang menunjukkan hasil negatif pada pemeriksaan keberadaan reseptor hormon estrogen (ER), reseptor hormon progesterone (PR), dan reseptor protein HER-2 pada jaringan kanker, yang biasanya positif pada kanker payudara.
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Print

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LET'S Talk