Kemoterapi merupakan salah satu pengobatan yang berasal dari bahan kimia guna membunuh sel kanker yang telah berkembang pada tubuh pasien. Jika memungkinkan, kemoterapi digunakan untuk mengobati kanker. Artinya, kanker dihancurkan, menghilang dan tidak kembali lagi.

Namun, kebanyakan dokter tidak menggunakan kata “menyembuhkan” meskipun tujuannya adalah untuk menyembuhkan. Dokter mungkin menggambarkan kemoterapi sebagai pengobatan dengan tujuan kuratif.

Definisi Kemoterapi

Kemoterapi merupakan cara guna menyembuhkan atau mengobati kanker dengan cara memberikan obat-obatan kepada pasien agar dapat membunuh sel kanker yang berkembang. 

Pada tubuh kita terdapat milyaran sel, yang mana sel inilah yang akan terus tumbuh serta berkembang. Proses ini akan berlanjut jika ada sel yang perlu diperbaiki.

Normalnya, sel-sel tubuh akan terus tumbuh dan mati secara terkendali. Namun, pada kondisi kanker, sel kanker tumbuh di luar kendali.

Oleh karena itu, kemoterapi diperlukan untuk menghentikan penyebaran atau memperlambat pertumbuhan sel kanker tersebut.

Tujuan Kemoterapi

Kemoterapi mempunyai 3 tujuan utama dalam pelaksanaan nya, diantaranya yaitu :

1. Menyembuhkan

Jika memungkinkan, kemoterapi digunakan untuk mengobati kanker. Artinya kanker telah musnah, hilang dan tidak akan kembali lagi. Namun, kebanyakan dokter tidak menggunakan kata “menyembuhkan” kecuali sebagai akibat pengobatan. 

Oleh karena itu, ketika pengobatan yang mungkin memiliki kesempatan untuk menyembuhkan kanker diberikan, dokter mungkin menggambarkannya sebagai pengobatan dengan maksud menyembuhkan. Meskipun pemulihan mungkin menjadi tujuan dan harapan bagi banyak penderita, namun tidak selalu berhasil. Tak heran dalam proses ini akan membutuhkan waktu yang lama bahkan bertahun-tahun guna mengetahui kanker pada pasien sudah benar-benar sembuh atau tidak.

2. Kontrol

Apabila tujuan dari penyembuhan tidak memungkinkan, maka tujuan dari kemoterapi selanjutnya adalah sebagai kontrol atau pengendali dari penyakit kanker. Pada kasus kanker ini, kemoterapi akan difokuskan untuk mengecilkan tumor atau menghentikan pertumbuhan serta penyebaran dari tumor. Hal ini dapat membantu pasien untuk merasa lebih baik serta mempunyai harapan hidup yang lebih lama. 

Dalam banyak kasus, kanker tidak hilang sama sekali tetapi dikendalikan dan dikelola seperti penyakit kronis. Sama halnya dengan penyakit jantung atau diabetes. Dalam kasus lain, kanker mungkin hilang untuk sementara, tetapi kemungkinan besar akan kembali lagi.

3. Peringanan 

Tujuan yang ketiga dari kemoterapi adalah untuk meringankan gejala yang dikarenakan oleh kanker. Pengobatan ini disebut sebagai perawatan paliatif. Tujuannya adalah untuk fokus pada peningkatan kualitas hidup atau membantu pasien merasa lebih baik. 

Peran Kemoterapi dalam Perawatan Kanker

Kemoterapi adalah salah satu pengobatan kanker, memiliki beberapa efek samping yang perlu dipertimbangkan juga.

Sehingga dalam melakukannya diperlukan perencanaan yang matang, tak terkecuali dari metode yang digunakan, memikirkan efek samping yang ditimbulkan, serta tingkat dari keberhasilan. Rencana ini dapat ditentukan setelah pasien menjalani beberapa pemeriksaan, seperti pemeriksaan darah dan lainnya untuk mengetahui apakah kondisi tubuh pasien memungkinkan untuk dilakukan kemoterapi.

Apabila kondisi pasien telah dipastikan, maka selanjutnya dokter akan melakukan rencana kemoterapi, tak terkecuali modalitas serta waktunya.

Proses Kemoterapi
Source : https://www.freepik.com/

Cara Kerja Kemoterapi dalam Mengobati Kanker

Kemoterapi kanker dapat dilakukan dengan beberapa prosedur, seperti yang tercantum di bawah ini: 

1. Intravena 

 Proses kemoterapi intravena dengan menggunakan sekantong obat kemoterapi yang dapat dialirkan ke dalam pembuluh darah mirip dengan proses infus. Terdapat beberapa alat yang dapat Anda gunakan seperti:

  • Chemoport atau port kemoterapi yang akan memudahkan pengambilan darah dan pemasukan obat kemoterapi ke dalam aliran darah melalui pembuluh darah vena.
  • Kanula adalah tabung pendek dan tipis yang dimasukkan ke pembuluh darah di lengan atau punggung tangan.
  • Port implan (portacath), ini dapat digunakan dengan cara memasukkan ke dalam vena dengan posisi lubang berada di bawah kulit lengan atau di dada.
  • Kateter vena sentral perifer (PICC), yang dimasukkan ke dalam vena di lengan dan terhubung ke vena di dada. Jika instrumen kemoterapi dipasang, obat kemoterapi dapat diberikan melalui suntikan, infus atau pompa.

2. Injeksi

Obat kemoterapi juga bisa disuntikkan langsung ke otot atau di bawah kulit lengan, kaki, dan perut.

3. Langsung ke badan 

Obat kemoterapi dapat diberikan langsung pada bagian tertentu, seperti lambung, rongga dada, sistem saraf pusat atau kandung kemih. Caranya sama dengan infus. 

4. Tablet obat 

Ada juga obat kemoterapi dalam bentuk tablet, pil, kapsul untuk Anda konsumsi. 

5. Krim 

Dalam kasus kanker kulit, ada juga obat kemoterapi berupa krim yang bisa dioleskan pada area kulit yang terkena. 

6. Intra-arteri 

Cara ini akan langsung menuju intinya karena obat yang akan diberikan akan langsung masuk ke dalam sel kanker atau bisa juga ke dalam tubuh yang terdapat sel kanker tersebut. Caranya dengan mengalirkan obat ke dalam arteri yang paling dekat dengan kanker. Cara kemoterapi ini dianggap mempunyai efektifitas yang lebih baik karena cara ini tidak melewati jantung serta paru-paru. 

Keefektifan Kemoterapi

Kemoterapi merupakan pengobatan yang dapat digunakan untuk membunuh atau mematikan sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Selain itu, kemoterapi juga dapat meringankan gejala kanker. Namun, seberapa efektif pengobatan kanker ini? 

Ketika kondisi sel tumor dan stadium kanker masih dalam tahap awal, pengobatan kemoterapi dapat dilakukan secara efektif tanpa bantuan pengobatan lain. 

Namun ketika sel kanker sudah tumbuh dan menyebar ke stadium yang cukup besar, kondisi ini membuat pengobatan kemoterapi itu sendiri menjadi kurang efektif. Untuk alasan ini, terapi lain terkadang diperlukan untuk membantu mengendalikan sel kanker. Kemoterapi biasanya dapat diberikan setelah pengobatan dengan operasi atau radiasi.

Treatment Kemoterapi
Source : https://www.freepik.com/

Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan kemoterapi

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan kemoterapi dalam pengobatan kanker, seperti: 

  • Kondisi sel kanker dalam tubuh. Ketika jumlah sel abnormal lebih banyak dari sel normal, maka dapat mempengaruhi kemampuan pengobatan kemoterapi.
  • Stadium kanker yang Anda alami. Stadium kanker menunjukkan bagaimana tumor dan sel kanker menyebar di dalam tubuh. Semakin tinggi jumlah stadiumnya, maka sel kanker sudah menyebar ke bagian tubuh yang lain. 
  • Usia penderita kanker.
  • Riwayat kesehatan lengkap. 

Efek samping kemoterapi

Terapi kemoterapi ini merupakan suatu pengobatan yang mempunyai tujuan guna menghambat atau membunuh pertumbuhan dari sel kanker yang ada dalam tubuh.

Namun, karena prosedur ini cukup keras, ada beberapa efek samping kemoterapi yang mungkin terjadi, antara lain: 

  • Badan terasa lemas 
  • Mual dan muntah 
  • Rambut rontok 
  • Kehilangan selera makan 
  • Sembelit 
  • Sistem kekebalan tubuh menurun 
  • Perubahan kulit dan kuku 
  • Masalah konsentrasi 
  • Anemia dan demam 
  • Sariawan 

Namun, beberapa efek samping ini dapat sembuh atau hilang dengan sendirinya dan kembali normal setelah kemoterapi dihentikan (ini bervariasi dari waktu ke waktu untuk setiap pasien). Ada beberapa cara mengatasi efek samping secara alami yang bisa dilakukan, seperti olahraga dan memperhatikan nutrisi yang baik bagi penderita kanker.

Apakah Anda sedang Mencari Klinik Kemoterapi ?

Jadi sekarang Anda mengerti apa itu kemoterapi dan mengapa prosedur ini penting bagi pasien kanker. Meski kemoterapi mempunyai efek samping, namun dengan kemoterapi akan meningkatkan potensi lebih tinggi kesembuhan untuk pasien kanker.

MedicElle Clinic adalah klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Jawa Timur dengan seluruh tenaga medisnya perempuan. Klinik ini menyediakan berbagai layanan medis termasuk pemeriksaan kesehatan, kemoterapi, spesialis bedah dan payudara, dan lainnya.

Apakah Anda sedang mencari klinik kemoterapi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon