Pertanyaan dari Reni di Surabaya :

Hai dok, saya punya anak balita laki-laki berusia 3 tahun. Saya ingin tahu tentang eksim. Apa itu eksim? Apakah sama dengan dermatitis atopik? Apa saja gejala dan pengobatannya? Haruskah anak-anak dengan eksim menghindari mandi? Apakah eksim pada anak bisa menular? Terima kasih atas jawabannya dok.

Jawaban:

Halo, Reni. Kami mengucapkan terima kasih atas pertanyaan Anda mengenai eksim. Eksim adalah istilah medis untuk kondisi yang dikenal sebagai dermatitis atopik. Dermatitis atopik adalah gangguan kulit yang bersifat kambuh-kambuhan dan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, termasuk faktor genetik, imunologis, dan gangguan biokimiawi. Gejalanya melibatkan munculnya bercak merah pada kulit dengan permukaan yang bisa berbintik atau bersisik tipis, seringkali disertai dengan rasa gatal yang mengganggu. Biasanya, dermatitis atopik muncul di area seperti pipi, dahi, kulit kepala, lipatan tangan, siku, dan lipatan lutut.

Dermatitis atopik dapat terjadi sejak bayi hingga usia dewasa atau mungkin hanya dalam beberapa periode tertentu. Kondisi ini seringkali lebih sering ditemukan pada bayi dan anak-anak. Orang yang menderita dermatitis atopik juga cenderung memiliki riwayat atopi, seperti riwayat alergi atau asma, baik pada diri mereka sendiri atau dalam keluarganya. Pemicu alergi bisa berupa makanan, debu rumah, atau bahkan tingkat kelembaban udara.

Dermatitis Atopik

Penting untuk dicatat bahwa gejala dermatitis atopik biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia anak, namun perlu diperhatikan dan dikendalikan dengan baik untuk mencegah kambuhnya. Pengobatan akan disesuaikan dengan kondisi masing-masing individu, termasuk penggunaan obat topikal atau oral.

Dermatitis atopik yang sedang kambuh dapat sangat mengganggu kehidupan sehari-hari anak, terutama karena rasa gatal yang intens. Hal ini dapat memengaruhi kualitas tidur anak dan jika tidak diatasi, menggaruk kulit dapat menyebabkan luka lecet yang berpotensi terinfeksi.

Cara Pencegahan Dermatitis Atopik

Dalam merawat anak dengan dermatitis atopik, penting untuk rutin menggunakan pelembap kulit yang mengandung ceramide untuk mengurangi risiko kambuhnya. Selain itu, durasi dan suhu mandi juga harus diperhatikan, sebaiknya tidak lebih dari 10 menit dan hindari air yang terlalu panas. Gunakan sabun dengan pH netral untuk mandi, dan hindari sabun antiseptik yang dapat mengeringkan kulit dan memicu gatal serta kambuhnya eksim.

Perlu diingat bahwa beberapa mitos yang beredar di masyarakat tidak benar, seperti pandangan bahwa mandi dengan air panas atau menghindari mandi sama sekali dapat memperburuk eksim. Faktanya, pada penderita eksim, mandi dengan air suhu ruang lebih baik daripada air panas, yang justru dapat memperburuk gejala.

Selain itu, ada juga mitos yang salah tentang tidak mandi ketika kulit gatal. Sebenarnya, mandi adalah langkah penting karena membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang bisa menginfeksi kulit.

Penting untuk dipahami bahwa dermatitis atopik tidak menular karena faktor genetik memainkan peran utama dalam penyebabnya, bukan karena infeksi jamur atau bakteri. Penggunaan bedak anti-gatal juga tidak diperlukan, yang terpenting adalah menjaga kelembapan kulit.

Jika anak Anda mengalami gejala eksim seperti ruam merah dan gatal yang berulang tanpa sebab yang jelas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan harian yang sesuai dan pengobatan yang tepat.

Poster Health Talk & Beauty Class

MedicElle Clinic merupakan klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Jawa Timur dengan semua tenaga medisnya wanita. MedicElle Clinic melayani medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum.

MedicElle Clinic juga melayani pemeriksaan Laboratoriun, Radiologi (Rontgen, USG dan Mammografi) serta terdapat layanan Farmasi dan One Day Care (Pembedahan dan Kemoterapi). Melibatkan dokter ahli dan pengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas bagi pasien.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis dermatologi dan venereologi (kulit dan kelamin) di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : cs.medicelle@gmail.com
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
dr. Karina D. Pratiwi., M.Ked.Klin., Sp.DV
Spesialis Dermatologi dan Venereologi (Kulit dan Kelamin)
MedicElle Clinic Surabaya

Source :
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/kulit-merah-dan-gatal-berulang-pada-anak-bisa-jadi-eksim-menularkah-21J4Z4xAsDD/full

Our Specialist

dr. Karina Dyahtantri Pratiwi., M.Ked.Klin., Sp.DVE

Spesialis Dermatologi dan Venereologi (Kulit dan kelamin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon