Ramadhan is like the rain, it nourishes the seeds of good deeds. Ramadhan Kareem!

Selain dapat meningkatkan iman dan mendapatkan pahala, berpuasa ternyata juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah?

Berpuasa dapat mengistirahatkan sistem pencernaan dan meningkatkan fungsi metabolisme

Puasa adalah waktu bagi sistem pencernaan Anda untuk beristirahat. Dengan berpuasa, metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori secara lebih efisien.

Berpuasa dapat memperbaiki pola makan

Puasa adalah sarana latihan yang tepat bagi Anda yang menderita gangguan makanan berlebihan atau adiksi terhadap konsumsi makanan tertentu. Dengan berpuasa, Anda dapat membatasi diri dan belajar untuk menetapkan pola makan yang tepat.

Berpuasa adalah diet yang sehat

Kendati tujuan utama puasa adalah untuk beribadah, puasa ternyata merupakan cara yang aman untuk menurunkan berat badan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berpuasa secara terkontrol memungkinkan tubuh untuk membakar sel-sel lemak lebih efektif dibandingkan diet biasa. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa, asupan gula Anda menjadi terbatas, sehingga tubuh Anda akan menggunakan lemak yang ada sebagai sumber energi.

Berpuasa dapat menormalisasi sensitivitas insulin

Puasa terbukti memiliki efek positif terhadap sensitivitas insulin Anda. Ketika berpuasa, insulin dapat memberitahu sel untuk mengolah glukosa dalam darah secara lebih efektif.

Berpuasa dapat membersihkan racun dari dalam tubuh

Sadarkan Anda bahwa makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung berbagai macam zat yang dalam jangka panjang bisa menjadi racun dalam tubuh? Sebagian besar racun tersebut tersimpan dalam lemak. Saat sedang puasa, pembakaran lemak akan lebih banyak daripada biasanya karena asupan karbohidrat yang masuk dalam tubuh terbatas. Karena itulah, puasa dapat menjadi proses detoksifikasi atau pembersihan racun dari dalam tubuh Anda.

Berpuasa dapat membersihkan dan mencerahkan kulit

Percaya atau tidak, kesehatan kulit sangat erat kaitannya dengan sistem pencernaan kita. Berpuasa dari fajar hingga petang terbukti dapat membersihkan racun dari dalam tubuh. Berpuasa juga memiliki dampak positif bagi fungsi organ tubuh Anda, seperti hati, ginjal, dan sebagainya. Ketika tubuh terbebas dari tugas untuk memproses makanan, tubuh Anda dapat melakukan proses regeneratif pada sistem lain, salah satunya kulit.

Berpuasa dapat menurunkan tekanan darah tinggi

Normalnya, tekanan darah pada orang yang sehat berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Berdasarkan penelitian, puasa nyatanya dapat membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi ringan hingga sedang. Ketika berpuasa, terjadi perubahan pola makan dan pola tidur. Kondisi ini memengaruhi sistem saraf simpatik, sistem renin, dan hormone antidiuretik yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, puasa juga memberikan kesempatan pada tubuh Anda untuk mengatur emosi, sehingga juga dapat menstablikan tekanan darah Anda.

Berpuasa dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh dapat meningkat jika Anda menerapkan pola makan seimbang ketika berpuasa. Anda disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan pada saat sahur dan berbuka, agar asupan cairan yang hilang selama berpuasa seharian dapat tercukupi. Selain itu, konsumsi buah-buahan juga dapat meningkatkan cadangan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

 

Wah, ternyata begitu banyak manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh, ya! Karena itulah, sebagai umat Muslim kita harus semakin semangat menjalani puasa. Selain mendapat pahala, puasa juga adalah salah satu cara kita mensyukuri nikmat sehat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Selamat menjalani ibadah puasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *