Kanker kelenjar getah bening adalah penyakit yang sering kali muncul tanpa gejala khusus pada tahap awalnya. Meskipun demikian, memahami gejala awal dan penyebab kanker kelenjar getah bening adalah langkah penting dalam upaya pencegahan dan deteksi dini.

Dalam artikel ini, terdapat pembahasan secara mendalam mengenai gejala-gejala yang harus diwaspadai serta faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker kelenjar getah bening. Penasaran apa saja? Simak sampai selesai.

Definisi Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening adalah sekelompok penyakit yang terkait dengan pertumbuhan sel-sel ganas dalam sistem limfatik tubuh. Sistem limfatik adalah bagian penting dari sistem kekebalan tubuh yang terdiri dari kelenjar getah bening, nodus limfatik, dan pembuluh limfatik. Kanker ini dapat terjadi di berbagai bagian tubuh, tetapi sebagian besar kasus kanker kelenjar getah bening terjadi dalam sistem limfatik.

Jenis-Jenis Kanker Kelenjar Getah Bening

Kanker kelenjar getah bening tidak terbatas pada satu jenis saja. Beberapa jenis kanker kelenjar getah bening yang umum termasuk limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin, serta leukemia limfositik akut. Setiap jenis kanker ini memiliki karakteristik dan perkembangan yang berbeda.

Pasien Kanker Sedang Berdoa
Source : https://www.freepik.com/

Gejala Umum

Berikut ini adalah gejala-gejala umum kanker kelenjar getah bening yang perlu diketahui:

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Salah satu tanda kanker kelenjar getah bening yang paling umum adalah pembengkakan kelenjar getah bening di berbagai bagian tubuh, seperti leher, ketiak, atau pangkal paha.

2. Kelelahan atau Kelemahan

Penderita sering merasakan kelelahan yang berkepanjangan, bahkan setelah istirahat yang cukup. Ini mungkin disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang melemah.

3. Demam dan Keringat Malam

Demam yang tidak jelas penyebabnya dan keringat malam yang berlebihan bisa menjadi gejala awal kanker kelenjar getah bening.

4. Nyeri atau Rasa Tidak Nyaman di Perut atau Dada

Rasa nyeri atau tekanan di daerah perut atau dada bisa muncul sebagai gejala   kanker ini.

5. Penurunan Berat Badan yang Tidak Dijelaskan

Kehilangan berat badan yang tidak disengaja sering terjadi pada penderita kanker kelenjar getah bening karena gangguan dalam metabolisme tubuh.

6. Gatal atau Ruam Kulit

Beberapa penderita mengalami gatal atau ruam kulit yang tidak jelas penyebabnya, terutama jika terjadi penyebaran sel-sel kanker ke kulit.

Penyebab dan Faktor Risiko

Penyebab pasti kanker kelenjar getah bening belum sepenuhnya dipahami. Namun, beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit ini meliputi riwayat keluarga, infeksi tertentu, dan gangguan kekebalan tubuh.

Kanker Kelenjar Getah Bening
Source : https://www.freepik.com/

Diagnosis

Diagnosis kanker kelenjar getah bening melibatkan serangkaian tes medis, termasuk pemeriksaan fisik, biopsi, analisis darah, dan pemindaian. Ini diperlukan untuk memastikan jenis kanker, tahap perkembangan, dan rencana pengobatan yang tepat.

Pengobatan

Pengobatan kanker kelenjar getah bening dapat bervariasi tergantung pada jenisnya, tahap perkembangan, dan kondisi kesehatan individu. Pengobatan dapat mencakup terapi radiasi, kemoterapi, terapi target, dan terapi sel-sel T. Diskusi dengan tim medis adalah langkah kunci dalam menentukan opsi pengobatan terbaik.

Kesimpulan

Kanker kelenjar getah bening adalah penyakit serius yang mempengaruhi sistem limfatik tubuh. Memahami gejala, penyebab, dan pengobatan adalah langkah penting dalam mengatasi penyakit ini.

Semakin awal kanker kelenjar getah bening didiagnosis, semakin baik peluang kesembuhannya. Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan tanda-tanda dan gejala yang mungkin muncul, serta berkonsultasi dengan profesional medis untuk penanganan yang tepat.

Setelah memahami gejala dan penyebab kanker kelenjar getah bening, langkah berikutnya adalah mencari perawatan yang terbaik untuk Anda atau yang Anda cintai. MedicElle Klinik siap memberikan pelayanan pengobatan terbaik dengan tim medis yang berpengalaman. Kami peduli dengan kesehatan Anda dan siap mendukung Anda dalam perjalanan perawatan Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan berkonsultasi mengenai kebutuhan kesehatan Anda. Kesehatan adalah harta yang paling berharga, dan kami di sini untuk membantu Anda meraihnya.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis penyakit dalam dan hematologi onkologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon