Skip to content

Minimally Invasive Breast Surgery adalah merupakan suatu prosedur pengambilan benjolan pada payudara dengan menggunakan alat yang bernama Vacuum-assisted core biopsy (VAB). Menggunakan perangkat jarum dengan vakum, dokter spesialis bedah akan mengambil benjolan pada payudara dengan menggunakan bantuan USG. 

Alat Vacuum-Assisted Biopsy yang digunakan di MedicElle Clinic adalah alat pertama dan satu-satunya di Indonesia. Dengan metode ini diharapkan menjadi solusi bagi para wanita dengan benjolan pada payudara untuk dapat dilakukan pengambilan tanpa operasi besar dan merusak estetika payudara.

Melalui sayatan yang sangat kecil pada kulit (biasanya kurang dari 5 mm), jarum dimasukkan ke payudara dan vakum akan melakukan pemotongan secara memutar. Selama prosedur vacuum-assisted biopsy, digunakan panduan (guide) dari USG yang bisa mendeteksi lokasi kelainan pada payudara.

Dibandingkan dengan prosedur bedah lainnya, vacuum-assisted core biopsy memiliki berbagai kelebihan, yakni sebagai berikut:

  • Prosedur ini dapat dilakukan hanya dengan bius lokal di sekitar area payudara sehingga setelah dilakukan pengangkatan dapat melakukan aktivitas seperti biasa.
  • Karena menggunakan perangkat berupa jarum, prosedur ini hanya menghasilkan sayatan yang sangat kecil pada kulit, biasanya berukuran kurang dari 5 mm.
  • Karena sayatan yang dihasilkan sangat kecil, maka luka pasca operasi pun tidak akan berbekas signifikan. Dengan demikian, estetika payudara pasien tidak akan terganggu.

LET'S Talk