Skip to content
RADIOLOGI
MAMOGRAFI

Mamografi adalah salah satu alternatif untuk deteksi dini kanker payudara melalui pemeriksaan secara radiologis. Di antara sekian banyak metode, mamografi masih menjadi rekomendasi utama untuk diagnosis kanker payudara. Dengan melakukan deteksi dini kanker payudara, Anda bisa menurunkan risiko penyakit, menurunkan angka kematian, dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

MedicElle Clinic menggunakan alat mamografi dengan merek terbaik yang mampu digunakan untuk pelayanan mamografi digital, tomosintesis, dan biopsi. MedicElle Clinic adalah fasilitas kesehatan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menggunakan alat ini.

Dibandingkan dengan mamografi analog, mamografi digital memiliki berbagai kelebihan. Dari segi hasil, dengan mamografi digital, gambaran interpretasi payudara dapat dilihat secara tiga dimensi, berbeda dengan mamografi analog yang hanya menghasilkan gambar dua dimensi.

Selain itu, mamografi analog hanya menghasilkan selembar scan hasil foto. Sedangkan mamografi digital dapat menghasilkan lebih banyak foto, karena penampang payudara diambil dari berbagai sudut dengan gambar lapisan-lapisan jaringan payudara yang amat tipis. Dengan adanya lebih banyak informasi, diagnosa dapat dilakukan dengan lebih akurat dan penanganannya pun lebih tepat.

!

Berdasarkan penelitian dalam jurnal Lancet Oncology edisi September 2018 oleh Lund University dan Skane University Hospital di Swedia, metode mamografi digital terbukti mampu mendeteksi 30% lebih banyak kondisi kanker dibandingkan dengan mamografi analog. Riset lain yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine menyatakan bahwa risiko kematian akibat kanker payudara pada perempuan usia 50-69 tahun yang melakukan pemeriksaan mamografi berkurang hingga 40%.

LET'S Talk