Pertanyaan dari Putri di Surabaya : Dokter, saya ingin mengajukan pertanyaan. Selama sebulan terakhir, saya mengalami rasa sakit pada gigi geraham kanan bawah belakang saya yang berlubang. Bahkan, ketika saya menyikat gigi, sering kali ada bercak darah. Saya sudah cukup lama membiarkan gigi saya berlubang. Lubang tersebut semakin membesar seiring waktu dan seringkali menyebabkan rasa sakit. Dengan kondisi seperti ini, apakah gigi saya masih bisa diselamatkan? Jika bisa, apa perawatan yang bisa saya lakukan? Bagaimana prosesnya dan apakah ada efek sampingnya?

Jawaban : Terima kasih atas pertanyaan Anda. Ada berbagai sebab mengapa gigi bisa berlubang, mulai dari infeksi bakteri, makanan, hingga faktor-faktor lain dalam mulut yang bisa mempengaruhi kondisi gigi.

Jika lubang pada gigi dibiarkan dan semakin membesar, bisa jadi lubang tersebut akan mencapai saraf gigi, menyebabkan rasa sakit yang tidak dapat ditoleransi.

Poster Perawatan Saluran Akar Gigi

Namun, dengan perkembangan teknologi saat ini, kita tidak perlu langsung mencabut gigi yang bermasalah. Gigi tersebut masih dapat diselamatkan, dan rasa sakit dapat dihilangkan. Gigi akan kembali bersih, bebas dari kuman, serta dapat kembali berfungsi dan berbentuk normal.

Perawatan saluran akar gigi atau endodontik adalah salah satu cara yang dapat dilakukan. Perawatan ini bertujuan untuk mengatasi kerusakan dan infeksi pada rongga gigi, seperti iritasi pada saraf dan pulpa gigi, radang pada gigi atau gusi, hingga infeksi akibat pembusukan yang dalam, retakan pada gigi, dan berbagai masalah gigi lainnya.

Seperti yang kita ketahui, gigi terdiri dari mahkota dan akar. Di dalam akar, terdapat saraf dan pembuluh darah. Jika gigi sakit, berarti infeksi telah menyebar ke area akar.

Jika lubang pada gigi sudah cukup besar dan mencapai ruang pulpa (yang berisi saraf dan pembuluh darah), berarti infeksi telah terjadi di area tersebut.

Manfaat Perawatan Saluran Akar

Perawatan saluran akar bertujuan untuk menghapus, membersihkan atau mematikan bakteri yang ada di saluran akar. Jika lubang pada gigi sudah besar dan telah mencapai ruang saraf, jika dibiarkan, bisa menyebabkan gigi mati atau pulpa mati karena saraf dan pembuluh darahnya mati.

Jika masih dibiarkan, bisa menyebabkan pembengkakan gusi, mulai dari pembengkakan dalam hingga luar. Hal ini karena bakteri telah menyebar ke seluruh bagian gigi. Hal ini bisa menjadi seperti granuloma gigi (bentukan abnormal jaringan lunak), jika dibiarkan bisa menjadi kista, dan bahkan bisa menyebabkan kanker di kemudian hari.

Perawatan saluran akar gigi ini dapat dilakukan pada gigi dengan kondisi: gigi yang memiliki keluhan atau gigi berlubang yang cukup dalam hingga mencapai bagian pulpa atau ruang saraf. Kondisi gigi berlubang dan jaringan di sekitarnya yang rusak juga memerlukan perawatan ini.

Sebelum melakukan perawatan saluran akar gigi, dokter gigi perlu melakukan diagnosa secara menyeluruh. Misalnya melihat bagaimana kondisi akar gigi dan kondisi jaringan di sekitarnya. Setelah pemeriksaan secara menyeluruh, dokter akan melakukan pemeriksaan radiografi atau rontgen gigi untuk melihat kondisi akar di dalam gigi. Dengan foto radiografi, dokter dapat melihat apakah ada faktor yang dapat mempersulit perawatan atau tidak. Jika semua normal, dokter akan mulai melakukan prosedur perawatan.

Perawatan saluran akar gigi ini memiliki beberapa tahap. Pertama adalah cleaning and shaping, yaitu membersihkan dan membuka akses agar dokter dapat mengambil jaringan yang rusak untuk membersihkannya.

Selanjutnya, proses irigasi dilakukan dengan memberikan cairan tertentu untuk mensterilkan area gigi yang akan dilakukan perawatan. Setelah itu, dokter akan mengisi jaringan nekrotik yang diambil sebelumnya dengan bahan pengisi saluran akar, untuk mencegah infeksi atau pertumbuhan bakteri.

Setelah proses tersebut selesai, dokter akan membuat penahan dan menutupinya dengan mahkota agar gigi dapat kembali normal baik dari segi fungsi maupun bentuknya.

Pemeriksaan saluran akar ini dapat dilakukan dalam satu kunjungan (single visit) atau beberapa kunjungan (multivisit) tergantung pada indikasi dan tingkat keparahan kerusakan gigi.

Bahkan setelah melakukan perawatan saluran akar gigi, gigi dapat berfungsi dengan normal dan tidak ada pantangan khusus. Hanya saja, perlu diingat untuk menyikat gigi dua kali sehari dan rutin melakukan kontrol untuk memeriksakan kondisi gigi secara umum minimal 6 bulan sekali.

Karena perawatan saluran akar ini bertujuan untuk mengatasi kondisi gigi yang kurang baik. Jadi, jangan ragu untuk melakukan perawatan gigi. Jika gigi sudah berlubang dan sakit, segera lakukan perawatan. Tujuannya adalah untuk menghentikan pertumbuhan bakteri agar infeksi tidak menyebar ke organ lainnya.

MedicElle Clinic adalah klinik wanita pertama dan satu-satunya di Surabaya dengan semua tenaga medis wanita. MedicElle Clinic menyediakan berbagai layanan, seperti medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum. Klinik ini menggabungkan pengetahuan dokter ahli dan berpengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas untuk pasien.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis konservasi gigi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
Dr. Widya Saraswati, drg., M.Kes., Sp.KG (K)
Dokter Spesialis Konservasi Gigi
MedicElle Clinic Surabaya
 
Sumber :

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon