Ketika mencoba memahami kanker, seseorang mungkin akan mengenal istilah Hematologi dan Onkologi. Terutama jika sedang mencari informasi tentang kanker darah. 

Kedua istilah ini sering kali muncul secara bersamaan karena keduanya terkait dengan penyakit kanker darah. Namun, ada beberapa perbedaan yang signifikan antara keduanya. 

Hematologi

Hematologi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari kata Haima dan Logos. Kata Haima berarti darah, sedangkan Logos berarti ilmu atau pengetahuan. 

Oleh karena itu, Hematologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang darah, termasuk komponen darah dan semua permasalahan yang terkait dengan darah. Disiplin Hematologi memainkan peran penting dalam seluruh proses diagnosis hingga perencanaan pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Ahli Hematologi mempelajari organ-organ pembentuk darah seperti sumsum tulang, limpa, dan kelenjar getah bening. Mereka juga mempelajari bagaimana darah berfungsi, termasuk jenis-jenis sel darah, produksi dan peran masing-masing sel dalam tubuh. Ahli Hematologi juga mempelajari penyakit-penyakit yang berhubungan dengan darah, seperti anemia, leukemia, limfoma, thalasemia dan kelainan darah lainnya.

Penyakit yang bisa didiagnosis melalui Hematologi adalah sebagai berikut:

  • Gangguan perdarahan (hemofilia).
  • Kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetik (anemia sel sabit).
  • Kanker darah (leukemia atau limfoma).
  • Kondisi autoimun (rheumatoid vaskulitis atau thalassemia).
  • Dan kelainan darah lainnya.

Onkologi

Onkologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berkaitan dengan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan kanker. Onkologi mempelajari berbagai jenis kanker dan metode-metode untuk mengobatinya, seperti kemoterapi, radioterapi, dan terapi biologis. Ahli Onkologi juga bekerja sama dengan tim medis lainnya untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien kanker.

Sementara itu, Onkologi klinis terdiri dari tiga bidang, yaitu Onkologi bedah, Onkologi medis, dan Onkologi radiasi. Onkologi bedah mempelajari aspek-aspek ilmu bedah untuk kanker, seperti stadium, biopsi, dan pengangkatan tumor melalui operasi. Onkologi medis menangani kanker dengan pengobatan, seperti perawatan kemoterapi, sedangkan Onkologi radiasi menggunakan radiasi terapeutik untuk mengobati kanker. 

Di antara ketiga bidang tersebut, Onkologi medis merupakan bidang yang paling sering dijumpai oleh pengidap kanker. Hal ini karena perawatan medis meliputi pengobatan yang tidak hanya bisa mengurangi ukuran tumor, tetapi juga dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Setiap bidang Onkologi ini memiliki perannya masing-masing dalam menangani kanker. Tim ahli Onkologi akan menentukan jenis pengobatan yang paling sesuai untuk setiap pasien berdasarkan jenis kanker, stadium, usia, kondisi kesehatan, dan faktor lainnya. 

Penting untuk mengetahui bahwa pengobatan kanker harus dilakukan dengan hati-hati dan terkoordinasi dengan baik oleh tim medis yang terlatih dan berpengalaman. Sementara itu, penyakit yang bisa ditangani oleh Onkologi adalah sebagai berikut:

  • Kanker payudara.
  • Kanker paru-paru.
  • Kanker kolorektal.
  • Kanker saluran pencernaan.
  • Kanker ovarium.
  • Kanker darah atau leukemia.
  • Kanker kulit atau melanoma.
  • Tumor ginjal
  • Dan kanker lainnya

Perbedaan Hematologi vs Onkologi

Perbedaan utama antara Hematologi dan Onkologi adalah fokus studi dan perawatannya. Hematologi lebih fokus pada pembentukan darah dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan darah, sedangkan Onkologi lebih fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan kanker.

Dalam beberapa kasus, ahli Hematologi dan Onkologi bekerja sama dalam tim medis untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien kanker darah. Mereka juga memperbarui pengetahuan mereka secara teratur dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam penelitian dan pengobatan kanker.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, Hematologi dan Onkologi terkait dengan penyakit kanker, tetapi memiliki fokus studi dan perawatan yang berbeda. Ahli Hematologi fokus pada pembentukan darah dan penyakit yang berkaitan dengan darah, sedangkan ahli Onkologi fokus pada diagnosis, pengobatan, dan pencegahan kanker.

Apakah Anda sedang Mencari Klinik Spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi Onkologi ?

Fasilitas medis di MedicElle Clinic ini merupakan pelayanan terpadu untuk kasus-kasus onkologi dan hematologi. Dengan tim dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi medik yang telah berpengalaman puluhan tahun dalam menangani kasus-kasus medis yang paling menantang dan kompleks. Segera buat appointment dengan dokter terbaik kami.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi Onkologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon