PEMERIKSAAN KEHAMILAN DENGAN USG

Alat Ultrasonografi atau USG adalah teknik pemindaian dengan memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar atau citra dari kondisi organ atau jaringan dalam tubuh pasien.

USG merupakan metode pemeriksaan untuk mengetahui penyebab keluhan yang dialami pasien. Selain untuk keperluan diagnosis, pemeriksaan ini juga bisa dilakukan untuk memantau perkembangan janin dan skrining rutin untuk mendeteksi penyakit tertentu secara dini.

Seiring dengan perkembangan waktu dan kemajuan teknologi, alat yang awalnya hanya menghasilkan gambar hitam putih dan tidak bergerak ( 2D ) sekarang berkembang menjadi dimensi gambar yang utuh ( 3D ) bahkan bergerak ( 4D)

TEKNOLOGI USG di MEDICELLE CLINIC

Pemeriksaan kehamilan di MedicElle Clinic saat ini sudah menggunakan teknologi 4D. Dimana kelebihan dari USG 4D adalah :

1. Gambar yang ditampilkan akan bergerak (real-time). Jadi pada pemeriksaan USG 4D, gambar akan berbentuk seperti aslinya dan bergerak secara real time di layar. Maksud real time, jika bayi bergerak di dalam kandungan maka saat itu juga akan tampak pergerakan bayi di layar USG. Dan gambar ini dapat diabadikan dalam bentuk CD, sehingga dapat disimpan dan dijadikan memori yang membahagiakan untuk dapat berikan kepada buah hati ketika sudah besar.

2. Dengan USG 4D dokter dapat mendeteksi adanya kelainan pada organ janin, sehingga dokter dapat segera memberikan penanganan agar pada saat kelahiran dapat lahir dengan sehat.

3. Radiasi dari sinar ultraviolet yang dihasilkan oleh USG 4D adalah rendah sehingga tidak menimbulkan efek samping dan aman untuk ibu dan janin.

USG Fetomaternal

Dilakukan oleh dokter kandungan subspesialisasi fetomaternal dengan tujuan untuk dimaksudkan untuk mendeteksi kelainan yang mungkin terjadi pada ibu dan bayi dalam kandungan secara dini. Alat yang digunakan dan gambarannya sama dengan USG 4D namun pemeriksaan yang dilakukan lebih menyeluruh sehingga dokter fetomaternal bisa mendeteksi dini diantaranya adalah :

1. Dapat ditemukan lebih dini jika kelainan genetik pada janin maupun kelainan kromosom pada janin sehingga dokter dapat memperkirakan penanganan khusus yang bisa dilakukan pada saat persalinan,

2. Dapat diketahui lebih dini jika ada gangguan pembentukan organ tubuh dan dapat segera dilakukan penanganan yang tepat menjelang persalinan.

3. Dapat mendeteksi adanya kemungkinan keguguran sehingga dokter dapat mengantisipasi lebih cepat agar tidak sampai terjadi keguguran.

4. Mendeteksi kemungkinan kelahiran prematur, sehingga dapat dilakukan persiapan persalinan yang tepat.

Pemeriksaan USG Fetomaternal merupakan pemeriksaan yang dilakukan lebih menyeluruh dan lebih detail maka waktu yang dibutuhkan untuk pemeriksaan USG Fetomaternal relatif lebih lama dibandingkan dengan pemeriksaan USG 4D, sehingga biasanya dilakukan pada waktu khusus

KAPAN WAKTU YANG TEPAT?

Biasanya dokter akan memeriksa terlebih dahulu kondisi janin untuk dapat menentukan waktu yang tepat untuk dilakukan pemeriksaan USG diatas. Waktu yang tepat yang dimaksud dalam hal ini adalah waktu dimana janin terlihat sempurna dan banyak ruang dan cairan di dalam rahim sehingga memungkinkan janin masih bisa bergerak untuk dapat dilihat pergerakannya dan dokter bisa mendapatkan gambaran pencitraan yang optimal.

Oleh karena itu disarankan untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu apabila hendak melakukan pemeriksaan kehamilan dengan teknologi 4D

Our Specialist