POLIKLINIK ANAK MEDICELLE CLINIC

Anak adalah buah hati dan merupakan harta berharga bagi orang tua. Sejak lahir sangat penting untuk memperhatikan kesehatan dan perkembangan anak, terutama di masa-masa periode emas tumbuh kembang anak.

Dokter spesialis anak atau ahli pediatri adalah dokter yang memiliki fokus pada kesehatan fisik, mental, emosional, tumbuh kembang, dan sosial anak-anak. Selain itu juga juga, dokter spesialis anak bertugas memberikan tindakan pencegahan pada anak yang sehat salah satunya melalui pemberian vaksinasi serta memberikan pengobatan pada anak yang sehat baik penyakit akut maupun kronis.

KONSULTASI KESEHATAN ANAK

Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan secara komprehensif, biasanya orangtua pasien melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait keluhan atau masalah kesehatan yang terjadi pada anaknya. Dokter akan menggali informasi lebih dalam kepada orangtua pasien agar dapat menegakkan diagnosa sehingga dapat memberikan rekomendasi perawatan atau tindakan medis selanjutnya.

Beberapa kondisi anak yang harus segera ditangani dokter diantaranya :

– Demam
– Muntah atau diare berat
– Dehidrasi
– Gangguan pernapasan seperti batuk dan pilek yang tidak kunjung sembuh atau menyebabkan gejala berat seperti sesak napas
– Terjadi Nyeri saat buang air kecil
– Muncul ruam atau bercak pada kulit yang tidak biasa
– Anak mengalami masalah tumbuh kembang

KONSULTASI TUMBUH KEMBANG

Selain kondisi kesehatan anak apabila anak sakit, Poli Anak di MedicElle Clinic dengan dokter Spesialis anak juga kompeten dalam menangani permasalahan tumbuh kembang anak. Pertumbuhan dan perkembangan bayi terasa begitu cepat. Banyak hal luar biasa terjadi yang dapat menjadi pelajaran untuk dibagikan kepada orangtua baru agar lebih paham dengan bayinya. Kebanyakan orangtua mungkin baru tahu apa saja yang terjadi ketika bayi sedang dalam masa tumbuh dan berkembang. Ketidaktahuan ini boleh jadi dapat menyebabkan orangtua cemas, apakah perkembangan si kecil normal?

Tumbuh (growth) adalah perubahan fisik yang dapat diukur; Kembang (development) adalah pertambahan kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks. Masa balita seringkali disebut sebagai periode emas. Pada periode usia 0-5 tahun, terjadi peningkatan pesat pada pertumbuhan dan perkembangan balita.