Kanker payudara merupakan sebuah kanker yang terbentuk pada jaringan payudara, hal tersebut terjadi saat sel-sel pada jaringan payudara yang tumbuh secara tidak terkendali. Sel kanker tersebut mengambil alih jaringan payudara yang sehat dan sekitarnya. Terbentuknya sel kanker bisa terjadi pada jaringan lemak atau jaringan ikat pada payudara.

Tahukah Anda bahwa kanker payudara ternyata juga bisa menyebar ke organ tubuh lain? Kanker payudara yang telah di metastasis berarti penyebarannya telah jauh dan berbahaya bagi tubuh. Pahami tentang penyebaran kanker payudara melalui penjelasan ini:

Penyebaran Kanker Payudara

Kanker payudara yang menyebar ke organ lain sebenarnya masih tetap bisa dikatakan sebagai bagian dari penyakit kanker payudara. Organ tubuh yang bisa terkena penyebaran sel kanker payudara, yaitu:

Kelenjar Getah Bening

Letak kelenjar getah bening berada di bawah lengan, di dalam payudara, dan di dekat tulang selangka. Bagian-bagian tersebut yang biasanya akan terkena penyebaran kanker payudara pertama kali. Dokter pasti akan memeriksa area kelenjar getah bening saat pertama kali Anda didiagnosis menderita kanker payudara. Pengecekan tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah kanker menyebar atau tidak.

Sistem pada kelenjar getah bening memiliki fungsi membantu membasmi infeksi, bakteri dan virus dari tubuh. Namun saat Anda menderita kanker payudara yang telah menyebar ke area kelenjar getah bening, maka Anda tidak akan merasakan beberapa gejala tertentu.

Tulang

Kanker payudara juga dapat menyebar ke tulang yang ditandai dengan rasa sakit pada tulang. Area tulang yang mengalami penyebaran bisa area mana saja termasuk lengan, kaki, bahkan tulang belakang. Pasien kanker payudara yang telah menyebar ke tulang dapat menderita patah tulang karena penyebaran ini.

Hati

Kanker payudara yang telah menyebar ke organ hati biasanya akan menimbulkan gejala rasa sakit pada bagian perut. Penyebaran ke hati ini juga akan membuat Anda merasa kembung dan seperti merasa kenyang, sehingga akan menghilangkan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Gejala lain yang bisa terjadi adalah perubahan pada bagian mata yang putih menjadi kuning.

Paru-Paru

Penyebaran kanker payudara ke organ paru-paru biasanya terjadi pada bagian antara paru-paru dan dinding dada. Hal tersebut menyebabkan cairan menumpuk di area paru-paru. Gejala yang akan muncul adalah nafas yang pendek, nyeri dada, dan juga batuk yang tidak berhenti.

Otak

Sel kanker payudara yang telah menyebar ke otak akan membuat Anda merasa pusing dan juga sering kehilangan keseimbangan hingga jatuh. Selain itu Anda juga akan merasakan bagian tubuh yang mati rasa atau lemah.

Pengobatan Kanker Payudara

VAB2

Terdapat beberapa jenis pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi gejala kanker dan juga penyebarannya. Pengobatan untuk kanker payudara pada umumnya adalah operasi, kemoterapi, radiasi, dan juga pengobatan khusus. Wanita yang menderita kanker payudara metastasis tetap bisa menjalani hidup seperti biasa walau telah melakukan serangkaian pengobatan.

Tes Rutin untuk Mengontrol Penyebaran Kanker Payudara

Diskusi dengan dokter

Banyak sekali rangkaian tes yang harus Anda lakukan untuk memeriksa organ dalam tubuh dan kondisi kanker payudara. Dokter perlu melakukan pengecekan juga apakah terapi dan pengobatan yang Anda terima bekerja dengan baik dan apakah kanker payudara menyebar ke organ tubuh yang lain. Berikut ini adalah beberapa tes rutin yang perlu dilakukan untuk mengecek kondisi kanker payudara tersebut:

  • CT scan, pemeriksaan bagian dada dan perut untuk melihat dan memeriksa organ di dalam tubuh.
  • Bone scan atau skintigrafi tulang, pemeriksaan untuk memeriksa apakah sel – sel kanker telah menyebar ke tulang.
  • PET scan, pemeriksaan dengan menggunakan scan dan pelacak kimia yang dimasukkan melalui suntikan pembuluh darah.

Jika Anda memiliki penyakit kanker payudara, lakukanlah kontrol kesehatan tubuh secara rutin serta menjalani pengobatan dengan baik. Hal tersebut perlu dilakukan supaya sel kanker tidak menyebar ke area tubuh lainnya. Jika pengobatan kanker payudara dilakukan secara rutin dan rajin, penyakit tersebut bisa dikontrol.

Apakah Anda sedang Mencari Klinik Spesialis Bedah dan Payudara ?

Jika mulai terjadi gejala – gejala segera kunjungi klinik MedicElle, klinik kesehatan wanita yang memiliki kualitas terpercaya dalam memperhatikan pasiennya. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kanker payudara dan mendapatkan pelayanan terbaik untuk aset anda. Mari cintai, dan rawat aset! Kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi?.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis kanker payudara di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon