Kanker sebenarnya adalah penyakit genetik yang disebabkan adanya pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Penyakit ini bisa muncul pada anggota tubuh manusia bagian mana saja. Jenis penyakit kanker ini pun sangat beragam, mulai dari kanker payudara, kanker prostat, kanker otak, dan lain sebagainya.

Pertumbuhan sel yang tidak normal atau abnormal akan membentuk jaringan yang disebut sebagai tumor. Tumor sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu tumor ganas yang berbahaya dan tumor jinak. Sebenarnya penyakit kanker ini bisa dihindari, bagaimana caranya? Simak penjelasannya dalam artikel ini:

Bisakah Penyakit Kanker Dihindari?

Kanker merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkendali. Pertumbuhan sel tersebut dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun dan kemudian dapat menyebar ke area di sekitarnya bahkan ke area yang jauh.

Sel manusia berkembang biak dengan pembelahan, fungsinya adalah untuk membentuk sel baru yang diperlukan oleh kebutuhan tubuh. Saat sel tubuh lama mengalami kerusakan dan mati, maka tubuh akan menggantikannya dengan sel yang baru. Namun, pada beberapa orang, proses penggantian sel rusak tidak berjalan dengan yang semestinya.

Sel yang seharusnya hanya menggantikan sel yang rusak, justru tumbuh dengan abnormal dan berkembang biak dengan tidak seharusnya. Karena hal tersebut, sel tersebut kemudian membentuk gumpalan jaringan yang disebut juga sebagai tumor. Tumor dapat bersifat jinak, namun bisa menjadi ganas jika sel tersebut menyerang jaringan di sekitarnya.

Penyakit kanker ini sebenarnya bisa dihindari, salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa pola hidup yang sehat dapat meminimalkan risiko berkembangnya sel kanker pada tubuh di kemudian hari.

Bagaimana Cara Menghindari Penyakit Kanker?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyakit kanker bisa dihindari, bahkan Anda pun bisa mengurangi resiko munculnya penyakit kanker pada tubuh Anda. Berikut ini adalah 10 cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau menghindari timbulnya kanker dalam tubuh:

Tidak Mengonsumsi Tembakau

Anda perlu menghindari konsumsi tembakau dalam bentuk apapun, seperti rokok. Bukan hanya perokok aktif saja yang berisiko tinggi terkena kanker, seseorang yang menghirup paparan asap rokok pun bisa terkena kanker. Karena dalam asap rokok terdapat lebih dari 100 jenis senyawa yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker, jadi sebaiknya Anda hindari.

Mengatur Pola Makan yang Sehat

4 sehat 5 sempurna

Penyakit kanker dapat dihindari dengan mengatur pola makan. Memilih makanan yang sehat dan bernutrisi akan membuat tubuh lebih sehat. Anda perlu menghindari mengonsumsi lemak jenuh secara berlebihan. Karena lemak jenuh tersebut dapat meningkatkan risiko kanker. Gantilah makanan tidak sehat yang Anda konsumsi dengan buah, sayur, dan biji-bijian.

Rutin Berolahraga

Olahraga atau aktivitas fisik dapat menurunkan risiko kanker. Berdasarkan penelitian olahraga bisa mengurangi timbulnya inflamasi dan melancarkan peredaran darah. Selain itu dengan berolahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi timbunan lemak yang menjadi faktor pemicu munculnya kanker.

Menjaga Kualitas Istirahat

Anda tentu memerlukan istirahat atau tidur yang teratur. Pastikan Anda perlu memprioritaskan kualitas tidur Anda, supaya sistem imun tubuh Anda tetap terjaga dengan baik. Kualitas tidur yang baik akan membantu mengurangi munculnya penyakit kanker.

Bagaimana Cara Mendeteksi Kanker Sejak Dini?

Penyakit kanker tentu bisa dideteksi sejak dini dengan melakukan serangkaian tes dan pemeriksaan oleh dokter spesialis. Berikut ini adalah cara untuk mendeteksi kanker sejak dini:

Tes Skrining

Skrining tes ini bisa Anda lakukan secara teratur atau dilakukan secara berkala. Melalui tes ini, bisa diketahui adanya kanker payudara, kanker serviks, kanker paru-paru, dan kanker kolorektal atau kanker usus besar lebih awal. Pendeteksian lebih awal ini tentu akan lebih menguntungkan bagi para penderita supaya bisa segera mendapat penanganan khusus dari dokter.

Menerima Vaksin

Pemberian vaksin bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Vaksin Human Papilloma Virus (HPV) bisa membantu mencegah kanker serviks dan kanker lainnya. Kanker hati dapat dihindari dengan pemberian vaksin hepatitis B.

Bagaimana Cara Menghindari Penyakit Kanker Melalui Makanan yang Dikonsumsi Setiap Hari?

Kalori

Pola makan yang kurang sehat dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena beragam penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker. Banyak sekali makanan yang bisa menurunkan risiko penyakit kanker. Makanan tersebut adalah brokoli, wortel, kacang-kacangan, beri, lemon, jeruk, tomat, bawang putih, bahkan fatty fish. Karena mengandung senyawa yang dapat mengurangi risiko kanker.

Berbagai jenis penyakit kanker bisa menyerang manusia di usia berapapun. Namun penyakit kanker tersebut tetap bisa Anda hindari dengan berbagai cara, yaitu dengan rutin memeriksakan diri ke dokter. Selain itu Anda juga bisa rutin melakukan skrining tes, vaksinasi, dan melakukan gaya hidup sehat dan makan makanan yang sehat pula.

Apakah Anda sedang Mencari Klinik Spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi Onkologi ?

Jika mulai terjadi gejala – gejala segera kunjungi klinik MedicElle, klinik kesehatan wanita yang memiliki kualitas terpercaya dalam memperhatikan pasiennya. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kanker dan mendapatkan pelayanan terbaik untuk aset anda. Mari cintai, dan rawat aset! Kalau tidak mulai dari sekarang, kapan lagi?.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis Penyakit Dalam dan Hematologi Onkologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon