Pertanyaan:

Halo dokter, saya seorang wanita berusia 26 tahun bernama Rara dari Surabaya. Saya ingin menanyakan apakah benar bahwa radiasi yang dipancarkan oleh ponsel dapat mengakibatkan penuaan dini pada kulit? Saya juga ingin mengetahui apa saja faktor penyebab penuaan dini kulit dan langkah-langkah untuk mencegahnya. Apakah Anda punya tips agar kulit tetap terlihat muda? Terima kasih.

Jawaban:

Hai Rara, terima kasih atas pertanyaan Anda. Saat ini, penggunaan gadget telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Ponsel pintar, seperti perangkat elektronik lainnya, memancarkan radiasi, termasuk blue light. Blue light adalah bagian dari spektrum cahaya tampak yang terlihat oleh mata manusia dan dipancarkan oleh layar perangkat digital seperti TV LED, laptop, ponsel pintar, tablet, dan perangkat elektronik lainnya. Masih ada penelitian yang terus dilakukan untuk memahami dampak radiasi blue light pada kulit, terutama dalam konteks penuaan dini.

Blue light memiliki panjang gelombang yang pendek dan energi tinggi, sehingga memiliki kemiripan dengan sinar ultraviolet. Oleh karena itu, banyak ahli merekomendasikan perlindungan kulit dari paparan blue light. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan mengurangi waktu paparan kulit terhadap blue light. Selain itu, Anda dapat menggunakan tabir surya yang memiliki perlindungan terhadap blue light, yang dapat ditemukan dalam jenis tabir surya mineral.

Cegah Penuaan Dini

Sementara itu, mengenai penuaan kulit, kulit pada dasarnya mengalami proses penuaan seperti organ tubuh lainnya seiring bertambahnya usia. Penuaan kulit dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal termasuk paparan sinar ultraviolet dari matahari dan polusi udara seperti asap kendaraan dan rokok.

Sinar ultraviolet dari matahari dapat merusak kolagen pada kulit secara langsung, yang menghasilkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, bintik hitam, perubahan warna kulit, dan kehilangan elastisitas kulit. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, pola makan yang buruk, kurangnya aktivitas fisik, dan kurang tidur juga dapat mempercepat penuaan kulit.

Penyebab Penuaan Dini

Untuk melindungi kulit Anda, penting untuk selalu menggunakan tabir surya, dan pastikan untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua atau tiga jam. Selain itu, selalu kenakan pakaian yang melindungi kulit Anda, topi, kacamata hitam, dan gunakan payung ketika beraktivitas di luar ruangan.

Salah satu tips untuk menjaga kulit tetap muda adalah dengan rutin melakukan perawatan kulit harian, termasuk penggunaan tabir surya, pelembab, pembersih wajah, dan produk perawatan kulit dengan bahan aktif yang dapat merangsang regenerasi kulit dan produksi kolagen. Pastikan produk yang Anda gunakan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Selain itu, berkonsultasilah dengan seorang ahli dermatologi untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik tentang kondisi kulit Anda dan rekomendasi perawatan yang sesuai. MedicElle Clinic adalah salah satu klinik yang menawarkan layanan kesehatan kulit komprehensif dengan tim medis yang berpengalaman dan teknologi modern.

Poster Gebyar Merdeka

MedicElle Clinic merupakan klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Jawa Timur dengan semua tenaga medisnya wanita.

MedicElle Clinic melayani medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum.

MedicElle Clinic juga melayani pemeriksaan Laboratorium, Radiologi (Rontgen, USG dan Mammografi) serta terdapat layanan Farmasi dan One Day Care (Pembedahan dan Kemoterapi). Melibatkan dokter ahli dan pengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas bagi pasien.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis kulit dan kelamin di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
dr. Karina D. Pratiwi, M.Ked.Klin, Sp.DV
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin
MedicElle Clinic Surabaya

Source :
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/benarkah-radiasi-blue-light-dari-smartphone-bisa-picu-penuaan-dini-kulit-20y5SVoXpQA/full

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon