SURYA.co.id | SURABAYA – dr Sahar Bawazeer Sp.B, salah seorang dokter bedah umum di Surabaya yang concern terhadap penyakit payudara. dr Sahar menuturkan, bahwa almarhumah ibunya dahulu merupakan salah seorang penyandang kanker payudara.

“Ibu saya kena kanker payudara, meninggal sepuluh tahun yang lalu. Waktu itu, saya baru masuk sekolah spesialis,” dr Sahar memulai cerita. Ketika itu, lanjutnya, dia belum bisa mengarahkan dan mengobati ibunya lantaran ia baru masuk awal sekolah.

“Tapi kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Kami mengantar ibu bertemu beberapa dokter dan menjalani berbagai pengobatan,” tuturnya. Dari situ, lanjut dr Sahar, ia tidak mau hal tersebut terjadi kepada orang lain. “Jadi saya belajar mengenai bedah, khususnya payudara. Saya beberapa kali ikut kelas atau kursus di luar negeri seperti Jerman, Singapura, dan lain sebagainya. Hal tersebut saya lakukan agar saya bisa belajar lebih dalam mengenai kesehatan payudara,” jelasnya.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga ini juga menuturkan bahwa ia kerap menangani pasien dengan keluhan pada payudara. “Untuk memeriksakan payudara, banyak pasien yang mencari dokter bedah yang perempuan. Di Surabaya, tidak banyak dokter perempuan yang menangani payudara. Akhirnya para pasien mencari tahu dan menemui saya,” jelasnya.

Ia sendiri, lanjutnya, memang merasa lebih nyaman apabila memeriksakan area privasi tubuhnya kepada dokter sesama perempuan. Melihat banyaknya respon para pasien wanita yang ingin memeriksakan bagian tubuh privasi kepada dokter yang juga wanita, membuat dr Sahar Bawazeer Sp.B membuka sebuah klinik khusus melayani para kaum hawa, yaitu MedicElle Clinic yang akan resmi dibuka, Minggu (21/4/2019) besok.

Klinik tersebut merupakan klinik kesehatan khusus perempuan yang pertama dan satu-satunya di Surabaya. Para tenaga pelayanan di klinik yang berlokasi di Jalan Gubeng No 11 Surabaya ini, lanjut dokter yang juga praktek di Manyar Medical Centre Surabaya ini, seluruhnya adalah perempuan. Mulai dari resepsionis, perawat, hingga dokter.

“Klinik ini dibangun atas kerja sama dengan rekan saya, dr Amira Cholid Bawazeer yang hanya menangani manajerial. Kebetulan tim di bagian manajerial juga seluruhnya perempuan. Walaupun untuk bagian manajerial tidak diharuskan perempuan karena tidak bersentuhan langsung dengan pasien,” tutur president director MedicElle Clinic ini.

“Di sini, kami menyediakan beberapa pelayanan medis seperti mamografi, ultrasonografi atau USG dan biopsi. Kami juga memiliki ruang tindakan yang steril baik dari segi ruangan maupun peralatan yang digunakan,” lanjutnya.

Di MedicElle ada berbagai dokter yang siap melayani para pasien. Mulai dari dokter bedah, dokter penyakit dalam umum, penyakit dalam khsus, kandungan, dan lain sebagainya. “Nanti akan ada dokter anak-anak dan dokter gigi juga. Dengan berdirinya klinik ini, memang mulai banyak tenaga medis yang tertarik,” tutur Sahar.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul dr Sahar Bawazeer Sp.B, Concern Terhadap Penyakit Payudara Dirikan Klinik Kesehatan Khusus Perempuan, http://surabaya.tribunnews.com/2019/04/20/dr-sahar-bawazeer-spb-concern-terhadap-penyakit-payudara-dirikan-klinik-kesehatan-khusus-perempuan?page=2.
Penulis: Christine Ayu Nurchayanti
Editor: Cak Sur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *