SURABAYA – Sejalan dengan misi Medicelle Clinic yang senantiasa berupaya mengakomodasi kebutuhan informasi dan pelayanan kesehatan khusunya bagi para wanita, maka Sabtu lalu (15/06), kami kembali mengadakan health talk bertajuk “Benjolan di Payudara pada Wanita Muda”.

dr. Sahar Bawazeer, Sp.B, selaku dokter bedah umum dan payudara sekaligus president director MedicElle Clinic, menjelaskan dalam materi seminarnya, tidak semua benjolan di payudara bersifat kanker. Sebagian besar diantaranya termasuk tumor jinak, yang jika ditangani dengan tepat maka tidak akan membahayakan.

“Hanya karena ada benjolan di payudara, bukan berarti Anda mengidap kanker. Benjolan ini bisa jadi tumor jinak yang tidak berbahaya,” ujar dokter yang concern pada masalah payudara ini.

Mengambil fibroadenoma, sebagai contoh benjolan yang paling umum pada payudara. Dr. Sahar menjelaskan, benjolan ini biasanya tidak terasa sakit dan mudah bergeser saat disentuh.

Dalam kesempatan ini, dr. Sahar juga menekankan pentingnya menjalani serangkaian pemeriksaan dini dan pemindaian, khususnya terkait payudara. Pasalnya, jika kesadaran (awareness) pasien pada kondisi tubuhnya tinggi, maka penyakit atau keganjilan pada tubuh bisa dideteksi sedini mungkin. Melalui pemindaian payudara dengan USG dan mammografi, benjolan di payudara bisa diketahui sifat dan jenisnya, termasuk tumor jinak atau bersifat kanker.

“Sebenarnya, fibroadenoma tidak memerlukan pengobatan. Tapi untuk berjaga-jaga, biasanya pasien memilih operasi untuk menghilangkan benjolan,” imbuhnya.

“Banyak cara bisa dilakukan untuk menangani kanker payudara. Salah satunya dengan melakukan prosedur minimally invasive breast surgery (pembedahan dengan sayatan minimal).”

Sebagai penutup, dr. Sahar menambahkan jika alat vacuum-assisted core biopsy (VAB) yang dimiliki MedicElle Clinic untuk melakukan pembedahan denga sayatan minimal adalah alat pertama dan satu-satunya di Indonesia.

Melalui seminar ini, diharapkan masyarakat khususnya di Surabaya bisa semakin sadar (aware) dan peduli (care) dengan kondisi kesehatan yang dimiliki. Kedepannya, MedicElle Clinic berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan serupa dengan maksud mengedukasi masyarakat terkait isu kesehatan, dengan tema dan topik seminar yang lebih luas dan beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *