dr. Sahar Bawazeer, Sp.B

Spesialis Bedah Umum dan Payudara

Seorang dokter bedah yang memiliki concern terhadap penyakit pada payudara dan telah menjalani berbagai pelatihan dan training bersekala international

MENGAPA TERJADI MASTITIS ?

Infeksi pada payudara sering terjadi saat menyusui, biasanya kehamilan pertama dan antara 6 minggu saat menyusui.

Infeksi terjadi terutama saat bakteri pada kulit masuk lewat putting payudara yang terluka pada saat menyusui, transfer bakteri dapat terjadi lewat mulut bayi yang sedang menyusui. Sekitar 1-3% pada wanita menyusui dapat terjadi mastitis. Mastitis juga dapat terjadi karena buntu nya saluran/milk duct pada payudara yang terjadi dikarenakan teknik menyusui yang kurang tepat.

SEPERTI APA MASTITIS ITU ?

Gejala yang dialami, mulai dari fase keradangan, diantara nya, kulit kemerahan, nyeri, bengkak pada payudara, disertai dengan gejala infeksi, demam, nyeri seluruh badan.

Jika tidak diterapi dengan antibiotic, dapat terjadi fase lanjutan dan terbentuklah abses. Gejala yang dialami jika terjadi abses selain gejala yg tersebut diatas ditambah dengan benjolan pada payudara, yang mudah bergerak, disertai nyeri, demam berkelanjutan tidak membaik hingga 3 hari dengan pengobatan, terkadang disertai keluarnya nanah pada putting payudara.

TERAPI atau PENGOBATAN

Mastitis atau infeksi pada payudara dapat diatasi dengan berbagai cara, tergantung dari penyebab utama terjadi nya mastitis. Salah satu nya adalah meningkatkan teknik menyusui yang tepat :

  • Konsultasi dengan ahli laktasi sangat disarankan
  • Segera menyusukan atau mengeluarkan air susu pada saat laktasi sehingga tidak terjadi stasis atau kebuntuan yang bias mengakibatkan abses.
  • Pengobatan herbal dengan jamu atau sejenisnya belum terbukti secara ilmiah dapat mengurangi gejala mastitis.
  • Ibu menyusui disarankan untuk istirahat dan konsumsi air yang cukup.
  • Meskipun terjadi mastitis, ibu disarankan tetap menyusui bayi nya.

Segera periksakan ke dokter untuk diberikan terapi antibiotiK yang tepat. Apabila sudah terjadi abses biasa nya dokter akan menyarankan untuk dilakukan drainse/ pengeluaran pada nanah yang terjadi di abses tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *