Pertanyaan dari Dinda di Surabaya:

Saya baru saja mendapatkan diagnosis kanker payudara dan dianjurkan untuk menjalani kemoterapi. Namun, saya merasa khawatir akan efek sampingnya. Di masyarakat, banyak beredar mitos tentang kehorroran kemoterapi. Apakah benar? Apakah kemoterapi selalu memerlukan rawat inap di rumah sakit? Apakah saya tidak akan bisa bekerja atau melakukan aktivitas lainnya?

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya. Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan bahan kimia yang dimasukkan ke dalam tubuh. Pengobatan ini bertujuan untuk menghambat pertumbuhan dan menghancurkan sel-sel kanker yang berkembang dengan cepat.

Ada banyak mitos yang tidak benar tentang kemoterapi. Banyak orang merasa ketakutan terhadap kemoterapi, mungkin karena kurangnya pemahaman di masyarakat.

Proses Kemoterapi

Salah satu mitos yang salah adalah anggapan bahwa kemoterapi akan membuat rambut rontok secara permanen. Padahal, tidak semua jenis kemoterapi menyebabkan rambut rontok, dan jika terjadi, rambut akan tumbuh kembali setelah siklus kemoterapi selesai.

Mitos lain adalah menghubungkan efektivitas kemoterapi dengan rambut rontok. Ini adalah pandangan yang keliru. Keberhasilan kemoterapi diukur dengan mengecilnya tumor, penghentian penyebaran sel kanker, dan berkurangnya keluhan pasien.

Efek samping kemoterapi bervariasi tergantung pada jenis obat dan kondisi fisik pasien. Beberapa pasien mungkin mengalami mual dan muntah, tetapi obat anti-mual sekarang tersedia untuk mengatasi masalah ini.

Ruang Kemoterapi

Kemoterapi dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, termasuk oral, topikal, injeksi, atau infus. Biasanya, kemoterapi dilakukan dalam serangkaian siklus dengan jeda sekitar 3 minggu. Ini tidak berarti Anda tidak dapat bekerja atau beraktivitas selama siklus kemoterapi. Hanya ada rekomendasi untuk beristirahat selama dan beberapa hari setelah kemoterapi.

Selain itu, Anda tidak selalu harus menjalani kemoterapi di rumah sakit dengan rawat inap. Ada fasilitas kemoterapi harian yang disebut “One Day Care Chemotherapy,” seperti di MedicElle Clinic Surabaya, di mana Anda bisa menjalani kemoterapi tanpa perlu rawat inap. Fasilitas ini menyediakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk pasien.

Mempersiapkan Suntik untuk Kemoterapi

Sebelum menjalani kemoterapi, Anda akan menjalani pemeriksaan laboratorium dan radiologi yang dapat dilakukan di MedicElle Clinic. Anda juga akan diberi obat-obatan dan vitamin untuk mengurangi efek samping dan menjaga stamina Anda.

Selama kemoterapi di MedicElle Clinic, Anda akan mendapatkan perawatan dari dokter dan perawat berpengalaman yang memiliki sertifikasi dalam kemoterapi. Ada ruang khusus untuk menyiapkan dan mencampur obat kemoterapi sendiri, sehingga Anda tidak perlu mengirimkannya ke rumah sakit lain.

Jadi, Anda tidak perlu merasa takut atau menunda kemoterapi karena mitos yang tidak benar. Menunda pengobatan hanya akan membuat kondisi kanker Anda semakin buruk, dengan risiko penyebaran yang lebih luas dan tingkat kesuksesan terapi yang lebih rendah.

Apakah Anda sedang mencari klinik kemoterapi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Source:
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/1z6SSDQgIuE?utm_source=Mobile&utm_medium=wa&shareID=Yh53Xpv27gcK

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon