Pertanyaan:

Salam dokter, saya adalah Rini, seorang wanita berusia 27 tahun dari Sidoarjo. Saya ingin mendapatkan informasi tentang kutil kelamin. Apa saja gejalanya? Apa penyebabnya? Bagaimana cara mencegahnya? Dan apakah kutil kelamin bisa disembuhkan, dok? Terima kasih.

Jawaban:

Halo Rini, terima kasih atas pertanyaan Anda. Kutil kelamin, yang dikenal dalam bahasa medis sebagai kondiloma, adalah tonjolan kecil berbentuk kutil atau papil yang biasanya muncul di daerah kelamin seperti bibir kemaluan pada wanita, dinding vagina, atau bahkan mulut rahim (serviks). Pada pria, kondiloma dapat muncul di penis dan testis. Selain itu, kondiloma juga bisa muncul di kulit di sekitar anus.

Kondiloma bisa berbentuk tunggal atau muncul secara berkelompok, membentuk benjolan yang lebih besar mirip brokoli. Jika kutil kelamin memiliki ukuran besar, kasar, dan menyerupai brokoli, disebut sebagai kondiloma akuminata.

Selain daerah genital, kondiloma juga dapat tumbuh di area non-genital seperti bibir, mulut, dan tenggorokan akibat aktivitas seks oral.

Pengertian Kutil Kelamin

Penyebab utama kondiloma adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus HPV (Human Papillomavirus). Virus HPV yang menyebabkan kutil kelamin berbeda dari yang dapat menyebabkan kanker serviks. Kutil kelamin umumnya disebabkan oleh infeksi virus HPV tipe 6 dan 11.

Infeksi HPV genital dapat dikelompokkan menjadi risiko rendah, seperti kutil pada area anogenital, dan risiko tinggi yang dapat menyebabkan kanker serviks dan kanker anus.

Penularan kutil kelamin terjadi melalui kontak seksual langsung dengan seseorang yang terinfeksi virus HPV tipe 6 dan 11.

Gejala umum kutil kelamin termasuk tonjolan kulit yang kasar dengan sensasi gatal, nyeri, dan perasaan panas atau perih. Beberapa kasus juga dapat disertai oleh keputihan dan bau tidak sedap.

Cegah Kutil Kelamin

Pencegahan kutil kelamin dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan organ genital, menghindari berganti-ganti pasangan seksual, tidak melakukan seks bebas, dan mendapatkan vaksinasi HPV. Disarankan untuk mendapatkan vaksinasi HPV sebelum aktif secara seksual, karena ini dapat memberikan perlindungan hingga 90%.

Pengobatan kutil kelamin diperlukan jika Anda mengalami ketidaknyamanan seperti gatal, perasaan terbakar, atau nyeri. Hal ini juga penting untuk mencegah penularan infeksi kepada pasangan seksual Anda.

Ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan, seperti penggunaan cairan tertentu pada kutil kelamin untuk mengakibatkan lesi mengelupas dan rontok. Namun, pengobatan ini harus dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman untuk menghindari kerusakan pada jaringan sehat lainnya.

Jika kutil sudah menyebar luas, perawatan dengan cauter atau laser mungkin diperlukan. Cauter atau elektrokauter merupakan metode bedah yang menggunakan panas dan listrik untuk memotong atau menghilangkan jaringan abnormal. Dengan metode ini, diharapkan dapat mengurangi perdarahan, menghindari bekas luka, dan mencegah pertumbuhan kutil kembali.

Sangat penting untuk memeriksa pasangan seksual Anda jika Anda mengalami kutil kelamin untuk memastikan bahwa mereka tidak terinfeksi dan mencegah penularan balik.

Jika kutil kelamin tidak diobati, beberapa komplikasi yang dapat muncul termasuk pertumbuhan lesi yang besar seperti brokoli (giant kondiloma akuminata), gangguan buang air kecil jika tumbuh di sekitar lubang kencing, keputihan yang parah, bau tidak sedap, dan bahkan risiko meningkatnya kanker pada organ genital dan anus. Oleh karena itu, kutil kelamin tidak boleh diabaikan dan segera diobati.

Promo End Year

MedicElle Clinic adalah klinik khusus untuk wanita pertama dan satu-satunya di Jawa Timur, yang menawarkan berbagai layanan medis dengan tenaga medis wanita.

MedicElle Clinic melayani medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis obstetri dan ginekologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
dr. Niken Wening Surjanti, Sp.OG
Spesialis Obstetri dan Ginekologi
MedicElle Clinic Surabaya.

Source :
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/21nwLYNMoX8/full?utm_source=Desktop&utm_medium=wa&shareID=bUS2YCkZzTvN

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon