Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Seiring dengan tingginya angka kejadian dan risiko yang ditimbulkannya, upaya pencegahan menjadi krusial dalam mengendalikan penyebaran penyakit ini. Salah satu langkah preventif yang paling penting adalah vaksinasi. Dalam konteks ini, Vaksin Demam Berdarah Tetravalen (TDV) menjadi terobosan penting dalam upaya melawan DBD.

Mengenal Vaksin Demam Berdarah Tetravalen

Vaksin Demam Berdarah Tetravalen, atau dikenal sebagai Tetravalent Dengue Vaccine (TDV), adalah vaksin yang diciptakan untuk memberikan perlindungan terhadap keempat jenis virus dengue yang paling umum, yaitu DENV1, DENV2, DENV3, dan DENV4. Vaksin ini berisi virus dengue yang telah dilemahkan, sehingga tidak menyebabkan penyakit pada individu yang divaksinasi. Sebaliknya, vaksin ini merangsang sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi, memberikan perlindungan saat individu tersebut terpapar virus dengfue yang sebenarnya.

Keamanan Vaksin Demam Berdarah Tetravalen

Vaksin Demam Berdarah telah terbukti aman dan efektif dalam mencegah demam berdarah secara keseluruhan. Dalam uji klinis, vaksin ini telah mencapai tingkat keberhasilan sebesar 80,2% dalam mencegah penyakit DBD, sementara tingkat efikasi dalam mencegah hospitalisasi akibat virus dengue mencapai 90,4%. 

Efek samping yang muncul umumnya ringan hingga sedang dan bersifat sementara, seperti nyeri atau kemerahan di daerah bekas suntikan, sakit kepala, nyeri otot, kurang enak badan, lelah, dan demam. Namun, kejadian perdarahan serta reaksi anafilaksis (alergi) setelah pemberian vaksin ini dilaporkan sangat jarang, dengan persentase kurang dari 0,1% dari jumlah subjek yang diuji.

Menyuntikkan vaksin TDV

Penerima Vaksin Demam Berdarah Tetravalen

Vaksin Demam Berdarah direkomendasikan untuk anak-anak hingga dewasa dengan rentang usia 6-45 tahun. Namun, untuk lansia, penggunaan vaksin ini belum direkomendasikan secara luas.

Jadwal Pemberian Vaksin Demam Berdarah Tetravalen

Vaksin Demam Berdarah umumnya diberikan dalam dua dosis dengan selang waktu sekitar 3 bulan antara dosis pertama dan kedua. Penting untuk mengikuti jadwal pemberian yang direkomendasikan oleh dokter untuk mendapatkan perlindungan yang optimal.

Persiapan dan Prosedur Vaksin Demam Berdarah Tetravalen

Tidak diperlukan persiapan khusus sebelum menerima vaksin Demam Berdarah. Namun, untuk menghindari kontraindikasi vaksin, pastikan tubuh dalam keadaan sehat saat menerima vaksin. Vaksin ini diberikan melalui suntikan subkutan pada otot lengan bagian atas oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter.

Perlindungan Optimal Mencegah DBD

Selain vaksinasi, pencegahan DBD dapat dilakukan dengan prinsip 3M plus. Prinsip 3M meliputi Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang tempat-tempat yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti

Sementara itu, poin plus dapat dilakukan dengan menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat penampungan air secara rutin, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan racun anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara rutin. Kemudian juga, letakkan pakaian kotor dalam wadah yang tertutup, memberikan larvasida pada tempat penampungan air yang sulit untuk dikuras, dan memperbaiki saluran serta talang air yang mampet atau tidak lancar.

Menggunakan vaksin TDV

Cara Mendapatkan Vaksin Demam Berdarah

Vaksin Demam Berdarah umumnya tersedia di fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan imunisasi. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau petugas medis untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang ketersediaan vaksin dan prosedur pemberiannya.

Jadi, Vaksin Demam Berdarah Tetravalen merupakan salah satu upaya terpenting dalam mengendalikan penyebaran demam berdarah dengue. Dengan tingkat efikasi yang tinggi dan profil keamanan yang baik, vaksin ini memberikan harapan baru dalam melawan penyakit yang mematikan ini. Namun, penting juga untuk diingat bahwa pencegahan tetap menjadi kunci dalam mengurangi beban penyakit ini.

Di Manakah Anda Bisa Melakukan Konsultasi Kesehatan?

Setelah memahami pentingnya Vaksin DBD Tetravalen, kini saatnya Anda melindungi keluarga dengan tindakan yang tepat. Kunjungi MedicElle Clinic untuk mendapatkan rekomendasi vaksinasi terpercaya. Jangan tunggu lagi, buat janji Anda hari ini dan pastikan keluarga Anda terlindungi dari DBD.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis anak di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : cs.medicelle@gmail.com
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon