Pertanyaan dari Utami di Surabaya: Selamat siang dokter. Saya memiliki beberapa pertanyaan seputar demam berdarah dengue. Apa yang dimaksud dengan demam berdarah dengue? Apa tanda dan gejala demam berdarah, terutama pada anak? Apakah ada manfaat dari vaksin demam berdarah (vaksin dengue) ?

Jawaban: Terima kasih atas pertanyaan Anda, Utami. Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah infeksi akut yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini disebarkan oleh gigitan nyamuk seperti Aedes aegypti (yang paling banyak), Aedes albopictus, Aedes polynesiensis, atau Aedes scutellaris.

Poster Tentang DBD

Gejala DBD bisa muncul sekitar 3-14 hari setelah gigitan nyamuk. Manifestasi penyakit ini bervariasi, bisa tanpa gejala, demam tidak spesifik, demam disertai pendarahan, hingga ke syok dan kematian. Oleh karena gejalanya sering tidak spesifik, banyak pasien datang dalam kondisi kritis atau syok, yang membuat perawatan menjadi lebih sulit dan komplikasi lebih sering terjadi.

Gejala dan Tanda DBD

Sebagaimana kita ketahui, imunisasi memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak serta mencegah berbagai jenis infeksi, termasuk dengue.

Vaksin dengue terbaru berasal dari virus yang telah dilemahkan dan dirancang untuk mengaktifkan beberapa mekanisme imun yang akan mencegah infeksi dengue.

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh akan membentuk memori antibodi spesifik terhadap virus dengue dan memiliki perlindungan terhadap kebocoran vaskular, yang biasanya bisa menyebabkan syok dan kematian. Jadi meskipun kita digigit oleh nyamuk, kita tetap terlindungi dari penyakit ini.

Poster Daftar Harga Vaksin DBD

Vaksin dengue menunjukkan efikasi sebesar 80,2% untuk mencegah demam berdarah, dan 95,4% untuk mencegah hospitalisasi akibat virus dengue.

Vaksin ini bisa diberikan pada individu berusia 6-45 tahun, dengan 2 dosis yang diberikan dalam jeda 3 bulan, tanpa memandang apakah individu tersebut pernah mengalami DBD sebelumnya.

Virus dengue terdiri dari beberapa serotipe, sehingga saat kita terkena DBD, bisa jadi disebabkan oleh salah satu serotipe tersebut. Oleh karena itu, kita masih perlu perlindungan terhadap serotipe lain melalui vaksinasi.

Seperti halnya dengan vaksin lainnya, pemberian vaksin dengue sebaiknya ditunda saat demam tinggi atau sedang dalam pengobatan/penyakit tertentu (harap konsultasi dengan dokter Anda). Makan dan minum cukup serta istirahat yang cukup sebelum melakukan vaksinasi juga dapat membantu anak merasa lebih rileks.

Poster DBD Jangan Diabaikan

Dari informasi yang ada di website BPOM, efek samping lokal yang dilaporkan hampir sama dengan vaksin lain, yaitu rasa nyeri di tempat suntikan, eritema (bercak kemerahan), dan pembengkakan yang biasanya hilang dalam 1-3 hari setelah pemberian vaksin. Efek samping lainnya adalah demam ringan, sakit kepala, dan nyeri otot.

Pencegahan DBD terdiri dari berbagai aspek, salah satunya adalah vaksinasi. Dengan vaksinasi, diharapkan angka kasus dapat berkurang, serta menurunkan jumlah pasien yang membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Selain vaksinasi, ada juga upaya lain seperti eliminasi vektor penyebab DBD (nyamuk) dan menjaga kebersihan serta meningkatkan sistem imun tubuh, yang tentunya diharapkan dapat mengendalikan penyakit ini.

Pada saat ini, vaksin DBD untuk anak-anak telah menjadi imunisasi wajib yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia pada tahun 2023.

MedicElle Clinic adalah klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Jawa Timur yang seluruh staf medisnya perempuan. MedicElle Clinic menawarkan layanan seperti medical check-up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik, serta dokter umum. Klinik ini menawarkan perawatan medis yang berpengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas untuk pasien.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis anak di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber:

dr. Septria Erlitarini Sudjito, Sp.A
Dokter Spesialis Anak
MedicElle Clinic Surabaya

Sumber:

https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/seberapa-penting-vaksin-demam-berdarah-dengue-20dkprZ6q8o

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon