Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa scaling gigi menjadi prosedur penting dalam perawatan kesehatan mulut? Meski sering dianggap sepele, scaling gigi merupakan langkah krusial dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi. Latar belakang prosedur ini berakar pada kebutuhan untuk menghilangkan plak yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi biasa. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan proses scaling gigi, tujuan di baliknya, serta manfaat yang dapat diperoleh, mengungkap pentingnya perawatan ini dalam menjaga kesehatan mulut yang optimal dan mencegah berbagai masalah gigi dan gusi.

Apa itu Scaling Gigi?

Scaling gigi adalah prosedur perawatan gigi yang dilakukan untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Proses ini umumnya dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kebersihan gigi menggunakan alat khusus. Tujuan utama scaling adalah untuk menghilangkan akumulasi plak yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan menyikat gigi dan flossing. Proses ini biasanya tidak menyakitkan, meskipun bisa ada sedikit ketidaknyamanan tergantung pada kondisi kesehatan gigi dan gusi seseorang.

Kapan Harus Melakukan Scaling?

Scaling gigi, atau pembersihan karang gigi, adalah prosedur penting dalam perawatan kesehatan mulut yang membantu mencegah berbagai masalah gigi dan gusi. Prosedur ini sebaiknya dilakukan secara teratur, tetapi frekuensinya bergantung pada kondisi spesifik setiap individu. Umumnya, disarankan untuk melakukan scaling gigi setiap enam bulan. Namun, bagi mereka yang memiliki risiko tinggi terhadap penyakit gusi, seperti mereka yang merokok, memiliki riwayat penyakit gusi dalam keluarga, atau kondisi medis tertentu seperti diabetes, mungkin diperlukan scaling lebih sering. Gejala seperti pendarahan saat menyikat gigi, gusi yang meradang atau terpisah dari gigi, dan bau mulut yang persisten juga bisa menjadi indikator bahwa scaling gigi diperlukan. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi Anda untuk menentukan jadwal scaling yang paling tepat berdasarkan kondisi kesehatan mulut Anda.

Tujuan dari Scaling Gigi

Tujuan utama dari scaling gigi adalah untuk menghilangkan plak (karang gigi) yang terbentuk dan menumpuk di permukaan gigi dan di bawah garis gusi. Penumpukan ini, jika tidak diatasi, dapat menyebabkan masalah kesehatan mulut seperti gingivitis (radang gusi), periodontitis (penyakit gusi lanjutan), dan bahkan kehilangan gigi. Scaling gigi juga membantu dalam mencegah bau mulut dan mempertahankan kesehatan gigi dan gusi secara keseluruhan. Dengan menghilangkan plak dan karang gigi , prosedur ini tidak hanya meningkatkan kebersihan mulut tetapi juga memainkan peran penting dalam pencegahan masalah kesehatan mulut yang lebih serius.

Pengecekan kesehatan gigi

Proses Melakukan Scaling Gigi

Scaling gigi adalah proses pembersihan profesional yang dilakukan oleh dokter gigi atau ahli kesehatan gigi untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Proses ini umumnya meliputi beberapa langkah berikut:

1. Pemeriksaan Awal

Dokter gigi akan memeriksa kondisi gigi dan gusi untuk menentukan tingkat penumpukan plak dan karang gigi.

2. Penggunaan Alat Scaling

Menggunakan alat khusus seperti scaler ultrasonik atau scaler tangan, dokter gigi akan dengan hati-hati menghilangkan plak dan karang gigi. Alat ultrasonik menggunakan getaran untuk memecahkan karang gigi besar, sedangkan scaler tangan digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa penumpukan.

3. Polishing

Setelah semua karang gigi dihilangkan, gigi biasanya dipolish untuk menghaluskan permukaannya. Ini membantu mencegah penumpukan karang gigi di masa depan.

4. Irigasi

Kadang-kadang, proses ini diakhiri dengan irigasi untuk membersihkan area di bawah garis gusi dan menghilangkan sisa-sisa plak atau tartar.

5. Pemeriksaan Akhir dan Saran

Dokter gigi akan memeriksa kembali gigi dan gusi untuk memastikan bahwa semua tartar telah dihilangkan dan memberikan saran tentang perawatan kesehatan mulut di rumah.

Proses scaling gigi ini membantu dalam mempertahankan kesehatan mulut yang baik dan mencegah masalah gigi dan gusi di masa depan.

Manfaat Melakukan Scaling

Scaling gigi memiliki beberapa manfaat penting untuk kesehatan mulut:

1. Mencegah Penyakit Gusi

Menghilangkan plak dan tartar membantu mencegah kondisi seperti gingivitis dan periodontitis, penyakit gusi yang dapat menyebabkan kerusakan serius jika tidak ditangani.

2. Mengurangi Risiko Karies Gigi

Dengan menghilangkan penumpukan plak, scaling membantu mencegah pembentukan karies gigi.

3. Memperbaiki Nafas

Plak dan tartar yang menumpuk bisa menyebabkan bau mulut. Scaling membantu mengurangi hal ini, meningkatkan kesegaran nafas.

4. Meningkatkan Kesehatan Umum

Kesehatan mulut yang buruk telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan sistemik, termasuk penyakit jantung. Scaling gigi secara teratur dapat membantu memperbaiki kesehatan umum.

5. Mempertahankan Keindahan Senyum

Scaling dapat menghilangkan noda dan membuat gigi terlihat lebih bersih dan lebih cerah, sehingga meningkatkan estetika senyum.

Pengecekan gigi

Apakah Anda Sedang Mencari Klinik Spesialis Kesehatan Gigi?

Setelah memahami pentingnya scaling gigi untuk menjaga kesehatan mulut Anda, kini tiba saatnya untuk mengambil langkah nyata. Jangan biarkan plak dan tartar mengganggu senyum indah Anda! MedicElle Clinic siap menjadi pilihan terbaik Anda dalam memberikan layanan scaling gigi yang profesional dan menyeluruh. Kami menggunakan teknologi terkini dan metode yang terbukti efektif, menjadikan setiap kunjungan Anda pengalaman yang nyaman dan memuaskan. Jangan tunda lagi! 

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis kesehatan gigi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon