Pertanyaan:

Selamat pagi dokter, saya Dinda berusia 35 tahun. Beberapa waktu belakangan, saya merasa daerah intim saya kerap mengalami gatal serta memerah. Apa yang bisa jadi penyebabnya? Bagaimana cara mengatasi ketidaknyamanan ini? Jika dibiarkan tanpa penanganan, apa yang mungkin terjadi?

Jawaban:

Halo Dinda, terima kasih telah bertanya. Memang, terdapat beberapa kasus di mana kemerahan dan rasa gatal di area intim wanita dapat sembuh dengan sendirinya, namun ada pula yang membutuhkan intervensi medis.

Ketika gatal terus dirasakan dan tak kunjung mereda, hal ini tidak boleh dianggap sepele karena bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu. Ketidaknyamanan ini dapat menghambat aktivitas sehari-hari dan kadang-kadang disertai sensasi sakit.

Penyebab merah dan gatal di area kewanitaan

Ada beragam penyebab gatal di area intim, seperti iritasi, alergi, infeksi, atau kondisi kulit yang dapat muncul berkali-kali. Faktanya, banyak kasus gatal disebabkan oleh infeksi jamur. Namun, faktor lain seperti iritasi dari bahan kimia (misalnya sabun, pewangi pada pembalut, atau detergen pada pakaian dalam), atau jenis bahan pakaian dalam yang ketat juga bisa mempengaruhinya.

Kondisi kulit yang kerap muncul seperti dermatitis seboroik, eksim, atau psoriasis juga bisa menjadi penyebabnya. Ditambah lagi, jika gatal disertai dengan keputihan, hal ini mungkin mengindikasikan adanya masalah pada organ reproduksi.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, sangat disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Mereka akan menganalisa riwayat keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan yang diperlukan, termasuk tes laboratorium jika diperlukan, serta memberikan rekomendasi pengobatan.

Beberapa tindakan sederhana yang bisa Anda lakukan antara lain adalah menghindari menggaruk area yang gatal, memakai pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari bahan katun, serta tidak berlebihan saat membersihkan area intim. Jika terdapat keputihan, hindari melakukan vaginal douching. Jika Anda merasa gejala tidak membaik dalam 1-2 hari, segera konsultasikan ke dokter.

Women Health Care Clinic

Tidak perlu ragu untuk berbicara mengenai masalah ini dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, terutama di MedicElle Clinic, sebuah klinik wanita di Surabaya yang dikelola oleh tenaga medis wanita dan menawarkan berbagai layanan medis dengan dukungan teknologi canggih.

Apakah Anda sedang mencari klinik ahli dermatologi dan venereologi medik di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
Dr. Karina D. Pratiwi, Sp.DV
Ahli Dermatologi dan Venereologi
MedicElle Clinic Surabaya

Source :
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/merah-dan-gatal-di-area-kulit-kewanitaan-kenapa-ya-1zVx77Dqj8n/full

Our Specialist

dr. Karina Dyahtantri Pratiwi., M.Ked.Klin., Sp.DVE

Spesialis Dermatologi dan Venereologi (Kulit dan kelamin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon