Dalam proses pengobatan kanker payudara salah pilihan yang umumnya dilakukan adalah operasi. Pertimbangan operasi bergantung pada jenis kanker payudara?

[lwptoc]

Operasi breast-conserving

Tindakan operasi pengangkatan jaringan kanker atau benjolan pada payudara dinakan dengan lumpektomi. Operasi ini disebut juga dengan breart conserving atau operasi breast – sparing.

Ada juga prosedur operasi quadrantectomy yang mana ini akan menghilangkan seperempat bagian payudara. Sehingga tindakan ini tergolong lebih banyak dari lumpektomi.

Jika tindakan Lumpektomi sudah selesai, maka doker biasanya akan merekomedasikan pasien untuk mendapatkan radiasi lokal. tujuan dari radiasi lokal adalah menghancurkan kanker mikroskopis pada payudara yang bisa jadi masih tersisa pasca operasi.

Cara kerja terapi ini dengan memfokuskan sinar energi pada daerah yang terkena kanker. Efek samping yg ditimbulkan tidak berbahaya hanya seperti tersengat matahari.

Untuk mengurangi risiko penyebaran kanker, terapi obat (atau dikenal sebagai terapi adjuvant) dapat dilakukan setelah operasi.

Ada dua jenis obat yang digunakan dalam terapi ini, yaitu kemoterapi dan obat anti-estrogen. Kemoterapi melibatkan obat-obatan yang dirancang untuk menghancurkan sel-sel kanker. Efek samping dari kemoterapi, di antaranya:

  • Mual
  • Muntah
  • Rambut rontok
  • Jumlah sel darah rendah

Namun demikian, teknik kemoterapi modern kini sudah mampu meringankan efek samping tersebut. Selain kemoterapi, anti-estrogen juga sering direkomendasikan tergantung pada kepekaan hormon terhadap kanker dan faktor risiko lainnya. Obat ini dapat diminum langsung, dan efek sampingnya tergolong ringan.

Rekonstruksi payudara: Pasca Operasi Kanker Payudara

Pasca operasi kanker payu dara kebanyakan wanitaingin mengembalikan bentuknya. Prosedur ini dinamakan dengan rekontruksi payudara.

Rekotrusksi payudara ini dalam beberapa kasus dapat dilakukan bersamaan dengan operasi kanker.

Operasi ini akan menggunakan bagian tubuh lain dari tubuh anda. Gunanya untuk menduplikasi bentuk aslinya. Cara lain juga bisa menggunakan implan. Implan yang biasa dipakai adalah saline atau silikon.

Implan silikon sudah digunakan dengan dukungan perkembangan teknologi. Teknologi ini menyarankan bahan yang lebih tebal yaitu silikon cohesive gel.

Konsultasikan pada dokter bedah kami jika anda ingin melakukan rekontruksi payudara. Dengan demikian anda akan lebih paham terkait manfaat dan resiko dari tindakan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *