Beritahu – Pentingnya deteksi dini bagi perempuan agar bisa terhindar dari dampak fatal kanker payudara. Medicelle Clinic menggelar gathering bertema “Breast Cancer: Fight Ignorance, Educate Yourself With The Expert”, di Jalan Raya Gubeng 11 Surabaya. Sabtu (29/02/2020).

Gathering yang diikuti penyintas,  pasien kanker dan keluarga pasien kanker ini menghadirkan pembicara Prof. Dr. dr. Ami Ashariati, Sp.PD-KHOM, FINASIM, Dr. Ong Kong Wee dan dr. Dyah Erawati, Sp. Rad(K)Onk. Rad spesialis radiologi konsultan Onkologi-Radiasi.

General Manager Medicelle Clinic Tata Fabianisa mengatakan tujuan acara ini untuk mengedukasi perempuan mengenai  pentingnya deteksi dini kanker payudara agar terhindar dampak buruk penyakit yang diderita kaum hawa.

“Jadi kita ingin kayak ada penghargaan kepada mereka (pengidap kanker payudara), sekaligus kita memberikan edukasi tentang penyakit kanker payudara. Jadi tentang mulai dari awal tentang Screeningnya, cara pencegahannya. Kemudian ada apa kanker payudara itu sendiri, kemudian ada terapinya, seperti itu. Jadi kita jabarkan semua disini biar mereka tidak ada perasaan takut, was-was jika sudah divonis kanker”, jelas Tata.

Kanker payudara memang suatu penyakit mematikan bagi perempuan, namun para pengidap kanker tersebut ataupun keluarganya tidak perlu takut dan khawatir karena didalam gathering ini dijelaskan secara mendetail bagaimana mengatasi kanker payudara.

“Penyebab kematian terbanyak itu karena mereka datang dengan stadiu yang sudah lanjut, sebenarnya apabila mereka datang pada stadium awal, itu tingkat kesembuhannya masih tinggi. Jadi edukasi itu yang akan kita berikan kepada mereka pentingnya Screening yang pemeriksaan rutin, jadi biar ketika ditemukan benjolan akan segera dilakukan tindakan,” tambah Tata.

Edukasi mengenai deteksi dini kanker payudara dan cara pengobatannya sangat penting bagi perempuan, agar ketika mereka bisa segera melakukan tindakan penyembuhan.

“Jadi pengobatan kanker itu da Tiga pokok besar ya, operasi , radiasi, kemoterapi, dan ada lagi golongannya hormonal terapi kalau untuk kanker payudara ya targeted terapi. Nah itu edukasi itu adalah sangat penting karena kalau menunda pengobatan ya pasti nanti penyakitnya akan menjadi,” urai dr. Dyah Erawati, Sp. Rad(K)Onk. Rad spesialis radiologi konsultan Onkologi-Radiasi.(bi1)

 

Artikel ini telah terbit di Beritahu.Info pada Sabtu, 29 Februari 2020 dengan judul Perlunya Deteksi Kanker Sejak Dini

Sumber: http://beritahu.info/pentingnya-edukasi-kanker-payudara-supaya-terhindar-dari-dampak-buruknya/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *