SURABAYAPAGI, Surabaya – Salah satu penyakit paling mematikan di dunia yakni kanker yang hingga saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar bisa menyembuhkan. Kanker seolah menjelma jadi penyakit paling menakutkan bagi banyak orang. Mereka yang divonis mengidap kanker telah melakukan berbagai cara agar terbebas dari penyakit tersebut.

Untuk itu deteksi sejak dini kanker perlu dilakukan. Di era modern dan teknologi yang canggih seperti saat ini segala penyakit termasuk kankerpun dapat dideteksi lebih dini hingga dapat dicegah dan mengurangi resikonya. Dalam rangka edukasi mengenai deteksi awal kanker dan mitos-mitos pengobatannya, MedicElle Clinic, sebagai klinik kesehatan khusus wanita di Surabaya mengadakan sebuah acara Health Talk dan Workshop dengan tajuk “Let’s Fight Cancer, We Will Never Stop Fighting For You”.

Materi yang disampaikan diantaranya adalah skrining pencegahan kanker payudara, kemoterapi kanker dan juga workshop membuat parfum aromaterapi untuk imunitas tubuh.

dr Sahar Bawazeer SpB, selaku salah satu pembicara mengatakan, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Mulai dari melakukan pemeriksaan sendiri, rutin melakukan medical
check-up, hingga mammografi untuk melihat bagian payudara, sehingga kanker dapat dideteksi sejak awal.

“Faktor genetik juga berpengaruh terhadap kemungkinan terjadinya kanker payudara sebanyak 5-10%. Ada pula penderita kanker yang sama sekali tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit serupa. Jalani hidup sehat, dapat membantu mencegah kanker payudara,” katanya.

Kegiatan tersebut sejalan dengan salah satu visi dari MedicElle Clinic, yaitu memperhatikan isu-isu sosial dan budaya, disamping kesehatan fisik saja. Harapannya dari Workshop ini mampu mengedukasi masyarakat luas, dan pencegahan mengenai kanker payudara juga akan meningkat seiring tersebarnya informasi-informasi baru yang diberikan oleh para dokter di MedicElle Clinic.

 

Artikel ini telah terbit di Surabaya Pagi Selasa Wage, 18 Februari 2020 dengan judul Perlunya Deteksi Kanker Sejak Dini.
Penulis: Indra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *