Pertanyaan:

Saya, Fitri dari Surabaya, berumur 32 tahun dan sudah menikah selama 3 tahun belum memiliki anak. Kapan saya harus mencoba program kehamilan? Jika saya memilih inseminasi buatan, apakah saya harus dirawat di rumah sakit? Bagaimana persiapannya? Adakah saran untuk meningkatkan kesuksesan metode ini?

Jawaban:

Fitri, terima kasih telah bertanya. Idealnya, pasangan yang telah menikah selama setahun dan rutin berhubungan tanpa kontrasepsi (minimal 3 kali seminggu) namun belum mendapatkan keturunan bisa memulai program kehamilan. Sebelum memulainya, Anda dan suami perlu melakukan konsultasi dan serangkaian pemeriksaan medis, mengingat infertilitas bisa disebabkan oleh faktor wanita maupun pria.

Setelah wawancara medis awal, dokter akan mengevaluasi kesehatan reproduksi Anda dan suami melalui pemeriksaan fisik dan laboratorium. Pemeriksaan tersebut mencakup evaluasi organ reproduksi, saluran telur, kondisi rahim, kualitas sel telur, dan juga analisis sperma suami.

Apabila hasil pemeriksaan mendukung, dokter akan memberi rekomendasi untuk inseminasi buatan. Metode ini adalah teknik medis untuk membantu sperma mencapai rahim dan sel telur dengan memasukkannya secara langsung saat masa ovulasi melalui kateter. Proses ini minim invasif, sehingga Anda tidak perlu dirawat di rumah sakit. Semua prosedur persiapan dan pemeriksaan, termasuk USG dan analisa sperma, dapat dilakukan di MedicElle Clinic tanpa perlu rawat inap.

Promil inseminasi buatan

Beberapa kondisi yang memungkinkan pasien menjalani inseminasi buatan antara lain: masalah infertilitas, ejakulasi, ereksi, lendir serviks yang menghalangi pergerakan sperma, atau ketidakmampuan untuk berhubungan seksual. Sebelum proses inseminasi, dokter akan merangsang pertumbuhan sel telur dengan terapi hormonal. Suami juga akan diminta menyumbangkan sperma yang kemudian diolah untuk mendapatkan sperma berkualitas terbaik. Selanjutnya, sperma ini akan dimasukkan ke dalam rahim.

Pasien dianjurkan untuk beristirahat sebentar setelah prosedur dan dapat pulang pada hari yang sama. Tes kehamilan akan dilakukan 2 minggu kemudian untuk mengevaluasi hasilnya. Jika belum berhasil, metode ini dapat diulangi dalam 3-6 bulan ke depan.

Agar program kehamilan dengan inseminasi buatan berhasil, penting untuk mengurangi stres dan kelelahan, percaya diri dalam prosesnya, dan menganggapnya sebagai upaya terbaik untuk hamil. Selain itu, mempertahankan pola pikir yang penuh harapan dan tulus terhadap hasil yang akan diperoleh juga sangat penting, serta menyadari peran doa dalam perjalanan ini.

MedicElle Clinic merupakan klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Surabaya dengan semua tenaga medisnya wanita. MedicElle Clinic melayani medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum. Melibatkan dokter ahli dan pengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas bagi pasien.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis obstetri dan ginekologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
dr. Niken Wening Surjanti, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi
MedicElle Clinic Surabaya

Sumber : https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/1zFJJ8LJi3Z

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon