Pertanyaan:

Halo dokter, saya seorang wanita berusia 28 tahun dan masih single. ama saya Meilani dari Surabaya. Saya ingin bertanya mengenai keluhan yang saya alami, yaitu nyeri haid yang sangat hebat dan tak tertahankan setiap kali menstruasi. Apakah ini merupakan kondisi yang berbahaya? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih dokter.

Jawaban:

Selamat sore Meilani, terima kasih atas pertanyaan Anda. Nyeri haid yang Anda alami disebut juga sebagai dismenore. Dismenore dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Dismenore primer biasanya terjadi setiap kali menstruasi dan tidak disebabkan oleh penyakit atau masalah medis lainnya. Hal ini terjadi sebagai hasil dari proses alami menstruasi itu sendiri.

Pada dasarnya, menstruasi adalah proses di mana lapisan endometrium di dalam dinding rahim mengelupas karena tidak ada pembuahan telur yang terjadi. Namun, dismenore sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan oleh adanya gangguan atau masalah medis lainnya, salah satunya adalah Endometriosis.

Women Health Care Clinic

Endometriosis adalah kondisi di mana jaringan endometrium tumbuh di lokasi di luar rahim, yang seharusnya tidak terjadi. Ini dapat terjadi di berbagai bagian tubuh seperti ovarium, saluran tuba, otot rahim, peritoneum, usus, vagina, saluran kemih, dan tempat lainnya. Ketika endometrium tumbuh di lokasi yang tidak seharusnya, ia masih mengalami pengelupasan dan pendarahan selama siklus menstruasi, tetapi karena terjebak di dalam tubuh, ini dapat menyebabkan peradangan dan nyeri pada jaringan sekitarnya.

Apa yang perlu diperhatikan ketika ada endometriosis? Salah satu dampaknya adalah gangguan pada organ reproduksi yang dapat mengakibatkan infertilitas atau ketidaksuburan. Rahim yang terkena endometriosis mungkin kesulitan dalam menerima janin untuk pertumbuhan. Selain itu, saluran tuba yang terkena endometriosis dapat menjadi tersumbat, menghambat pertemuan sel telur dan sperma, sehingga pembuahan tidak terjadi.

Ovarium yang terkena endometriosis juga dapat menghasilkan sel telur yang tidak sehat. Oleh karena itu, endometriosis tidak hanya menyebabkan nyeri haid yang parah dan berkepanjangan, tetapi juga dapat menyebabkan infertilitas. Selain itu, endometriosis juga dapat menyebabkan nyeri selama hubungan seksual.

Jadi, apa yang harus dilakukan dalam kasus ini? Yang terpenting adalah memastikan apakah nyeri haid Anda disebabkan oleh endometriosis atau bukan dengan berkonsultasi dengan dokter. Jika Anda mengalami nyeri haid yang hebat dan belum menikah atau belum memiliki anak, sangat penting untuk mencari bantuan medis segera. Jangan menunda, karena semakin lama ditangani, semakin sulit pengobatannya dan hasilnya mungkin tidak optimal untuk kesuburan Anda. Ini karena organ reproduksi dapat mengalami kerusakan yang lebih parah.

Selain itu, endometriosis juga dapat disebabkan oleh faktor genetik, sehingga ada potensi faktor keturunan. Penting juga untuk menjalani gaya hidup yang sehat, menghindari obesitas, merokok, stres berlebihan, dan konsumsi alkohol, karena semua faktor ini dapat meningkatkan risiko endometriosis.

Pengobatan endometriosis dapat melibatkan pemberian obat pereda nyeri, terapi hormon untuk menghambat pertumbuhan jaringan endometrium yang tidak seharusnya, dan jika diperlukan, tindakan bedah untuk mengangkat endometriosis yang tidak merespons terhadap pengobatan lainnya.

November Promo

MedicElle Clinic merupakan klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Jawa Timur dengan semua tenaga medisnya wanita. MedicElle Clinic melayani medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum.

MedicElle Clinic juga melayani pemeriksaan laboratorium, Radiologi (Rontgen, USG dan Mammografi) serta terdapat layanan Farmasi dan One Day Care (Pembedahan dan Kemoterapi). Melibatkan dokter ahli dan pengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas bagi pasien.

Apakah Anda sedang mencari klinik spesialis obstetri dan ginekologi di Surabaya? Segera konsultasikan keluhan Anda dengan dokter spesialis kami. Hubungi kami melalui:

Our Location : Jalan Raya Gubeng no. 11 Surabaya, 60281
Email : info@medicelle.co.id
Whatsapp : 08990118008
Office : +62 31 3000 9009
Customer Service : +62 31 3000 8008

Narasumber :
dr. Niken Wening Surjanti, Sp.OG
Spesialis Obstetri dan Ginekologi
MedicElle Clinic Surabaya

Sumber :
https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/sering-nyeri-haid-hebat-waspada-gejala-endometriosis-21a3gU37cXf

Our Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp Icon