Dokter spesialis bedah MedicElle Clinic dr Sahar Bawazeer saat acara Healthy Talk & Workshop bertajuk ‘Lets Fight Cancer’ di MedicElle Clininc Raya Gubeng, Sabtu (15/2/2020).

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Melia Lutfhi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA – MedicElle Clinic menggelar acara Healthy Talk & Workshop bertajuk ‘Lets Fight Cancer’ di MedicElle Clininc Raya Gubeng, Sabtu (15/2/2020).

Acara yang berisi talkshow seputar pencegahan dan pengetahuan mengenai kemoterapi tersebut diisi oleh para dokter ahli.

Kanker merupakan penyakit yang paling menakutkan bagi banyak kalangan.

Dengan teknologi yang canggih, deteksi dini terkait kanker akan lebih mudah teridentifikasi dan lebih akurat.

Acara yang digelar oleh MedicElle Clinic tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai deteksi dini kanker dan mitos-mitos pengobatannya.

Dokter spesialis bedah MedicElle Clinic, dr Sahar Bawazeer mengatakan, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk deteksi dini kanker, terutama kanker payudara yang memiliki tingkat kematian tinggi.

 

Menurutnya, dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, tindakan pencegahan akan lebih mudah dilakukan.

“Saat ini teknologi sudah serba canggih. Jadi tidak ada alasan lagi tidak bisa skrining,” katanya saat mengisi materi di MedicElle Clinic Raya Gubeng.

dr Sahar Bawazeer menuturkan, skrining untuk pencegahan secara dini dapat dilakukan oleh semua pihak tanpa terkecuali.

Namun, metode skrining yang digunakan berbeda-beda, sesuai kebutuhan.

“Sebenarnya skrining bisa dilakukan sendiri di rumah dengan metode meraba. Namun lebih akuratnya bisa menghubungi dokter supaya diarahkan pakai metode skrining yang tepat,” jelasnya.

Skrining kanker payudara, dr Sahar menjelaskan, bisa meningkatkan harapan sembuh pasien sampai 90 persen.

Ia menuturkan, kanker payudara berbeda dengan kanker lain seperti kanker serviks

“Kanker payudara ini harus skrining supaya tau seberapa jauh stadiumnya. Karena kanker payudara tidak ada vaksin seperti kanker serviks. Jadi pencegahan sangat diperlukan,” katanya.

Skrining payudara di era modern saat ini menurut Sahar adalah hal yang krusial. Karena bisa menurunkan angka kematian akibat kanker.

Dengan melakukan skrining bagi penderita kanker payudara stadium awal akan sangat membantu dalam proses pengobatan.

“Skrining ini juga menentukan keberhasilan terapi jangka panjang pada pasien kanker payudara,” ujarnya. Menurutnya, waktu ketika kanker dideteksi dengan lamanya waktu pengobatan akan menentukan keberhasilan pasien untuk sembuh.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Deteksi Dini Kanker Payudara, Metode Skrining Bisa Tingkatkan Harapan Sembuh Pasien sampai 90 Persen, https://jatim.tribunnews.com/2020/02/15/deteksi-dini-kanker-payudara-metode-skrining-bisa-tingkatkan-harapan-sembuh-pasien-sampai-90-persen.
Penulis: Melia Luthfi Husnika
Editor: Arie Noer Rachmawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *